Penguatan Manajemen Sekolah  untuk Melanjutkan Kualitas Kinerja

Penguatan Manajemen Sekolah untuk Melanjutkan Kualitas Kinerja

DITULIS USER

Hardak suprapto
ngopiNEWS 04 Feb 2017 WIB

Surabaya:  Dalam rangka penguatan manajemen sekolah untuk melanjutkan kualitas kinerja Perguruan Muhammadiyah Wiyung kota Surabaya pada hari ini, Sabtu, 4 Februari 2017 mendakan Rapat Kerja (Raker) Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Cabang Muhammadiyah Wiyung, kegiatan ini diikuti oleh Pimpinan Cabang dan Majelis serta manajemen SD Muhammadiyah 15 Surabaya, SMP Muhammadiyah 17 Surabaya dan SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. Sesuai jadwal Raker materi awal adalah kajian dan diskusi yang yang disampaikan oleh H. Irwandono, SH. (Ketua PCM): “Motivasi Dakwah Organisasi”, Drs. H. Rudi Kustijono, M.Si (Ketua Majelis): “Peningkatan Kinerja Manajemen”, Drs Bambang Hartono (Anggota Majelis): “Sasaran Mutu”, dan H. Tikno Widyastono, S.E. (Bendahara Majelis): Penggunaan Anggaran Efektif dan Efesien,”… dilanjutkan Laporan Kinerja dan Serapan Dana APBS oleh semua Kepala Sekolah SDM 15, SMPM 17 dan SMAM 9, serta diakhir kegiatan koordinasi rencana pendampingan.   

Drs. H. Rudi Kustijono, M.Si dalam Raker  yang bertema “Penguatan Manajemen Sekolah untuk Melanjutkan Kualitas Kinerja”.  Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang terdiri dari kewenangan akademik sekolah, aspirasi, harapan, tuntutan, kebutuhan, orang tua, masyarakat, stakeholder lain dan jaminan, mutu, kepuasan akuntabilitas, harus disiapkan dan dilaksanakan. Menciptakan perubahan berkelanjutan terutama menyusun strategic school planning, annual school planning,  annual school report, melakukan school self evaluation, school opinion survey dan school review. “manajemen sekolah harus menciptakan sekolah  unggul yaitu mempunyai program andalan yang lebih baik dari sekolah-sekolah lain, dan sekolah berciri khas: sekolah yang mempunyai program keunggulan dan tidak dimiliki oleh sekolah-sekolah lain,’ ungkapnya.

Menurut Ketua Majelis Dikdasmen Pimpinan Cabang Muhammadiyah Wiyung kota Surabaya, “indikator sekolah unggul mempunyai brand image, gurunya professional dan berkualitas, siswa-siswanya banyak dan berprestasi, warganya berkarakter (berakhlak mulia), berbudaya literasi, berbudaya mutu, lingkungan rindang, nyaman, aman, dan Islami serta menjadi rujukan masyarakat.”

Raker dan Diskusi yang diselenggarakan oleh Majelis Dikdasmen PCM Wiyung kota Surabaya hari ini, (4/2. Zaenol Ghozali (kaur Kesiswaan SDM 15), salah satu  peserta kegiatan ini. “kegiatan raker sekaligus kajian ini sangat menarik bagi kami, agar dalam menjalankan tugas dan amanah sebagai team manajemen di SD Muhammadiyah 15 Surabaya  mampu menyusun program kerja yang terncana dengan baik dan mampu melaksanakan sesuai time schedule yang dirumuskan, koordinasi dan komunikasi selalu kita tingkatkan agar terwujud sekolah inspiratif sebagai branding sekolah kami” Kata dia (ali shodiqin/ har)

Penulis : Hardak suprapto

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.