Gili Trawangan, Ekstisme Indonesia

07 Dec 2017 17:42   Destinasi
Gili Trawangan, Ekstisme Indonesia
sebuah hotel di gili trawangan

Siapa yang tidak terpukau dengan keindahan Gili Trawangan? Lanskap pulau yang masih alami, bersih, dan luar biasa elok membuat banyak wisatawan ingin merasakan sensasi liburan di pulau ini. Apalagi, menurut survei yang dihimpun oleh salah satu situs perjalanan terbesar di dunia, Gili Trawangan merupakan pulau wisata paling terjangkau dari segi biaya pengeluaran per harinya (termasuk penginapan, makanan, layanan pijat, dan lain-lain), dibandingkan dengan pulau wisata lain yang ada di Asia Tenggara, bahkan Pulau Bali.

Yup, gili yang paling populer di Lombok. Paling banyak turis mancanegara yang dateng ke sana, diimbangi juga dengan makin banyaknya turis lokal yang ikut-ikutan liburan ke sana. Bukannya apa-apa, biar sekali-kali bisa merasakan tinggal di antara bule-bule walaupun masih di negeri sendiri, hehe. Biar nggak perlu traveling jauh-jauh.

Sampai di dermaga, langsung disambut sama cidomo. Tarif cidomo ini sudah ada daftar harganya. Puluhan ribu pokoknya, lumayan mahal.

Perkembangan kepariwisataan di daerah ini sangat pesat, seiring dengan perkembangan daerah Bali yang sudah cukup jenuh. Hotel-hotel mewah; seperti Pandawa Beach Villas and Resort (www.pandawagilitrawangan.com), Villa Ombak, sampai dengan cottage super mewah sudah betebaran di daerah pesisir pantai Gili T, hotel-hotel kelas backpacker dan kelas menengah pun terlihat jelas meningkat tajam jumlahnya hampir 3x lipatnya. Kalau dulu hanya Gili T bagian timur (dekat dermaga) yang dipenuhi oleh hotel atau keramaian, sekarang hampir sekeliling Gili T sudah menyebar hotel-hotel dan pusat-pusat keramaian. Bahkan Gili bagian Barat pun sudah terlihat beberapa hotel kelas menegah ke atas yang diperuntukan untuk para wisatawan yang ingin menyepi.

Gili Trawangan yang sangat indah, airnya cukup dingin. Kami juga menyewa Glass Bottom Boat untuk melihat keindahan terumbu karang sambil mencari penyu.

Kebetulan di villa yang kami tinggal menyediakan sewa sepeda gratis, sehingga kami pun bersepeda mengelilingi pulau. Dengan bersepeda, kami baru menyadari bahwa daerah pantai yang mengelilingi Gili Trawangan semuanya di gunakan untuk kepentingan komersial seperti Cafe, Pub, Hotel dan Restoran, sedangkan di bagian tengah pulau digunakan untuk rumah penduduk dan beberapa Villa.

Bila anda seorang diver, banyak spot-spot bagus nan menawan di sekitaran 3 Gili. Banyak pula betebaran diving center di Gili T, jadi anda tidak usah khawatir akan minimnya sarana disini. Beberapa diving center yang cukup ternama disini adalah Budha Dive dan Dream Diver (semua milik warga asing).

Beberapa spot dive yang banyak dikunjungi dan terkenal disini adalah Manta Point, Letaknya di barat Gili Trawangan, kalau dari Gili Air sekitar 20 mnt naik perahu. Visibility hampir dipastikan diatas 20 meter, healthy soft corall, terumbu yang rapat flutemouth, anglefish, boxfish, Moray eel., dan kadang bisa ketemu manta dan shark disini.

Kemudian ada Hans Reef: Lokasi utara Gili Air, kl 5mnt naik boat dari Gili air. Visibility ciamiikk, abundance reef fishes, Moray eel, garden eel, lionfish, mantis shrimp, stonefish/scorpion fish, giant red grouper, giant sea cucumber.

Atau kalau berani, bisa coba SharkPoint : Lokasi di sebelah barat daya Gili Trawangan, sekitar 20mnt dari Gili Air, bisa ketemu segerombolan Bumphead Parrotfish, bisa ketemu octopus, penyu dan hiu tentunya.

 

1. Bebas polusi dan kendaraan bermotor

Kendaraan bermotor dilarang keras beroperasi di sana. Sebagai ganti, alat transportasi yang digunakan adalah sepeda dan cidomo. Cidomo adalah sejenis kereta kuda khas Lombok, NTB.  Ada dua jenis alat transportasi yang bisa digunakan di Gili Trawangan yaitu Cidomo (Delman) dan sepeda. Perlu untuk diketahui bahwa di Gili Trawangan ada larangan penggunaan kendaraan bermotor di dalam pulau dan saya juga sangat mendukung aturan tersebut.

2. Alam bawah lautnya menakjubkan

Bermain dan berjemur diatas pasir putih merupakan ritual wajib bila berkunjung ke Gili Trawangan, namun tidak lengkap rasanya bila tidak menikmati bawah lautnya.

Karena airnya yang begitu bening, Anda pun bisa melihat ikan dan terumbu karang langsung dari atas kapal yang berlayar, tanpa harus menyelam.

Tapi jika ingin menikmati alam bawah laut lebih maksimal, cobalah untuk menyelam. Jangan pernah lewatkan kesempatan bertemu ikan nemo alias ikan badut yang berenang dengan gemulai. Tidak hanya nemo, terumbu karang aneka warna juga bisa Anda temui di sana. Arus laut yang tenang menambah kenikmatan menyelam di Gili Trawangan. Kesimpulannya, alam bawah laut Gili Trawangan memang luar biasa.

3. Sunset dan Sunrise

Gili Trawangan memiliki pantai yang menghadap barat dan timur. Jarak antar pantai ini pun tidak terlalu jauh. Cukup berjalan kaki atau naik cidomo, wisatawan sudah bisa menikmati sunset dan sunrise di satu pulau.

Keluarkan kamera Anda, dan abadikan setiap momen di Gili Trawangan. Sambil duduk santai di pantai dan diiringi musik yang berdendang, juga semilir angin, sunset Gili Trawangan terasa begitu romantis. Pastikan Anda menikmatinya bersama kerabat atau pasangan.

4. Pantai yang bersih

Selain air lautnya yang bersih dan jernih, pantai di Gili Trawangan juga tak kalah bersih. Pantai dengan pasir putih ini terbentang begitu luas tanpa sampah berserakan. Memang benar, seluruh penduduk dan turis yang datang ke Gili Trawangan amat menjaga kebersihan pulau. Jadi tak heran bila pantainya begitu bersih, dan berkilau dengan pasir yang terkena sinar matahari.

5. Masyarakat yang ramah

Selain alam bawah lautnya yang bersih, salah satu daya tarik Gili Trawangan adalah penduduknya yang ramah. Jika tidak percaya, cobalah mengelilingi Gili Trawangan dengan berjalan kaki, Anda pun akan disapa dengan ramah oleh setiap penduduk yang kebetulan berpapasan. Anda pun tidak perlu takut tersesat, karena penduduk pasti membantu Anda menemukan jalan pulang.

6. Kehidupan malam di Central

Nah, ini dia kegiatan malam yang tidak boleh Anda lewatkan saat berada di Gili Trawangan, menikmati kehidupan malam di Central. Jejeran bar dan hingar bingar musik siap menyulap malam Anda Gili Trawangan menjadi meriah.

Central atau biasa disebut pasar seni di Gili Trawangan, mulai ramai saat senja datang dan matahari siap kembali ke peraduan. Pasar seni di Gili Trawangan berbentuk seperti jalan besar menghadap ke Pantai Tengah Gili Trawangan dengan kios dan bar di kanan kirinya. Waktu paling asyik untuk datang ke Central adalah malam hari sekitar pukul 21.00 Wita. Saat itu, seluruh bar dan toko di sepanjang pasar seni ini sudah buka.

7. Akomodasi memadai

Tidak perlu takut soal akomodasi. Gili Trawangan sudah dipenuhi oleh resort berbagai yang bisa disesuaikan dengan anggaran Anda. Mulai dari penginapan murah meriah untuk backpacker, hingga resort bintang lima ada di sini. Tinggal sesuaikan budget, dan nikmatilah bermalam di Gili Trawangan.

Cara ke Gili Trawangan dari Lombok

Tambahan info buat yang mendarat di Lombok Praya. Untuk menuju ke Gili Trawangan, bisa sewa mobil dari bandara ke Bangsal. Di Bangsal bisa beli tiket public boat ke Gili Trawangan. Tahun 2013, harganya 10.000/orang/trip. Durasi perjalanan sekitar 30 menit & nyaman banget karena nggak melawan ombak.