Ketahui Bahaya Sandal Jepit Bagi Kesehatan Kaki

04 Aug 2017 16:02   SapaDokter
Ketahui Bahaya Sandal Jepit Bagi Kesehatan Kaki

Semua orang pasti pernah menggunakan sandal jepit. Jenis sandal yang di jepit ini sangat digandrungi banyak orang karena harganya yang murah dan sangat simple. Dibalik keistimewaan sandal sepit ini ternyata menyimpan bahaya bagi kesehatan kaki jika di gunaan terus menerus loh. Menurut studiy yang terbaru, menggunakan sandal jepit dengan jangka panjang akan menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

 

Salah satu maslaah menggunakkan sandal jepit adalah akan merubah cara berjalan dan tidak baik untuk telapak kaki karena minimnya penompang yang empuk pada bagian tumit dan kaki yang akan memberikan beban lebih pada telapak kaki. Perubahan cara berjalan juga akan berakibat nyeri pada punggung.

 

 

Tidak hanya berbahaya bagi telapak kaki, tetapi juga tidak baik untuk jempol kaki karena bekerja lebih keras untuk mencengkram tali pada sandal. Serta akan memberikan nyeri otot pada sela-sela jari kaki jika mengenakkan sandal terlalu lama.

 

Salah satu Dokter dari North Carolina Ameririka Serikat berbagi beberapa masalah yang akan ditimbulkan dari penggunaan sandal jepit sehari-hari. Penggunaan sandal jepit yang terlalu sering akan memberikan rasa nyeri pada tulang kering serta rasa sakit di bagian betis.

Dokter tidak menganjurkan memakai sandal jepit saat lari dan berjalan jauh dalam jangka waktu yang lama, serta hindari menggunakkan sandal jepit saat berkendara.