Yuk Jadi Jurnalis Medsos Anti Hoax

Yuk Jadi Jurnalis Medsos Anti Hoax

DITULIS USER

Diaz Irtantia Natasya
ngopiOPINI 30 Jan 2017 WIB

Jurnalistik adalah Proses, Teknik dan Ilmu membuat tulisan yang di muat di Media masa/Media Online. Untuk menjadi jurnalis tidak hanya seorang yang bisa menulis, tetapi harus mempunyai kreatifitas tinggi. Berikut ini adalah acuan untuk menjadi Juranlis Medsos Anti Hoax.

1. 5W+1H

Pasti sudah tidak asing dengan 5W+1H. Ini adalah dasar utama untuk menulis berita, dengan mengacu pada 5W+1H tentunya kamu akan bisa membiat berita yang jelas. Sebelum membuat berita juga ada baiknya kamu mewawancarai narasumber untuk berita yang akan kamu buat. Dengan mewawancarai seorang narasumber yang terpercaya, pastinya berita yang kamu buat akan lebih real dan aktual.

2. Jenis Berita

Di dalam dunia jurnalistik ada beberapa jenis berita, yaitu:

  1. Berita Langsung (Hard News/Sport News/Straight News)
  2. Berita Opini (Opini News)
  3. Berita Investigasi (Investigation News)
  4. Berita Ringan (Soft News)

3. Penyusunan Informasi

Sebelum menerbitkan artikel/berita yang akan kamu buat, kamu harus memperhatikan penyusunan informasi. Dengan judul yang menarik pastinya akan banyak mengundang pengunjung/pembaca untuk membaca artikel/berita kamu. Pemilihan judul juga sangat penting.

Ada beberapa tahapan, yaitu:

  1. News Planning : Dalam tahap ini kamu akan membuat planning/rencana pembuatan berita yant akan ditujukan kepada pembaca.
  2. News Hunting : Pengumpulan data-data hasil referensi dan foto dari berita yang akan di buat.
  3. News Writing : Mulailah menulis berita dari apa yang sudah kamu rencanakan dan apa yang sudah kamu dapat dari data-data tersebut.
  4. News Editing : Penyuntingan naskah untuk mengedit bahasa dan berbagai kesalahan eja.

4. Penyebaran Berita

"Kalau sudah bikin berita lalu publish dimana?" Jangan khawatir, ngopibareng.id kini akan menjadi platform untuk para citizen muda yang senang dengan dunia jurnalistik.

Tetap hasilkan berita yang fakta dan teraktual, dan berbagi informasi fakta kepada sesama. Semang-Art!

Penulis : Diaz Irtantia Natasya

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.