Tips Memotret Untuk Hasil Yang Ciamik!

Tips Memotret Untuk Hasil Yang Ciamik!

DITULIS USER

Diaz Irtantia Natasya
ngopiOPINI 30 Jan 2017 WIB

Jika akan menerbitkan berita tetapi belum ada fotonya tentu tidak akan menarik. Salah satu pelengkap berita adalah foto yany ciamik, tentu saja bukan foto editan ya! Kali ini mari belajar cara memotret untuk hasil yang ciamik!

Di dalam dunia fotografi jurnalistik terdapat metode EDFAT. Apa itu metode EDFAT? EDFAT adalah kepanjangan dari Entire, Details, Frame, Angle & Time. Secara bahasa bisa juga dijabarkan bahwa EDFAT adalah proses memotret sebuah obyek untuk menghasilkan foto yang kreatif dan baik.

Lalu bagaimana cara untuk mendapat hasil jepretan yang Ciamik? Mari kita lihat cara-caranya.

1. Selalu Bersama Kamera Anda : Maksud dari kata ini adalah karena sebuah moment tidak dapat diulang. Jika kita melihat para wartawan, mereka selalu membawa kamera kemana-mana. Jika kalian sebagai pemula, coba dengan kamera ponsel.

2. Bidik Dengan Tepat : Mendapat hasil jepretan yang ciamik pasti tidak jauh dengan bidikan yang bagus. Dengan bidikan yang tepat pasti hasil foto yang anda hasilkan akan bagus.

3. Tetap Netral : Jangan terlalu terburu-buru! Bisa-bisa hasil yang akan di dapat akan ngeblur atau tidak sesuai harapan.

4. Perhatikan Settingan Kamera : Jika anda sedang mengabadikan momen di dalam gedung usahakan settingan kamera cukup untuk pencahayaan. Anda juga harus memperhatikan ISO, Diagframa dan Shutterspeed. 

5. Memiliki Taste : Untuk mendapatkan hasil yang bagus, foto tersebut juga harus memiliki taste. Maksud Taste disini adalah rasa dari foto tersebut, bisa emosi, ekspresi obyek dan lain-lain. Karena dengan adanya taste, foto bisa memperjelas berita yang akan di publish.

Semoga ilmu ini bermanfaat.

Penulis : Diaz Irtantia Natasya

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.