Jum'at Berseri SMA Barunawati

Jum'at Berseri SMA Barunawati

DITULIS USER

Bambang Fadian
ngopiNEWS 05 Aug 2017 WIB

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa tumbuhan memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan di muka bumi ini. Pernahkah kita membayangkan bagaimana jadinya bila tidak ada tumbuhan di dunia ini? Tentu saja menjadi hal yang mengerikan bukan? Untuk menindaklanjuti begitu pentingnya tumbuhan, maka di SMA Barunawati Surabaya diadakan program jum’at bersih berseri (selain itu ada juga jum’at sehat dan jum’at beriman).

Pagi itu siswa-siswi membawa tanaman, pupuk, dan peralatan kerja bakti. Ya, hari itu adalah  program kegiatan untuk jum’at bersih. Kegiatan jum’at bersih berseri adalah  kegiatan  melaksanakan kerja bakti di dalam kelas dan lingkungan sekolah. Untuk kegiatan di lingkungan sekolah jumat bersih awal tahun pelajaran  ini diawali dengan penanaman sejumlah tanaman. Siswa kelas X yang merupakan warga baru di sekolah mendapatkan tugas untuk membawa tanaman. Tanaman yang dibawa adalah. bougenville, mawar, nusa indah, dahlia, gardenia, kuping gajah, krisan, aster, dan anggrek.

Semua siswa bergotong-royong untuk menanam tanaman di taman. Setiap kelas mendapatkan bagian taman yang wajib ditanam, dijaga, dan dilestarikan. Sekolah membagi taman dengan konsep “satu taman satu jenis tanaman”, sehingga tiap taman kelas tidak akan sama.

Jadi melalui program ini, setiap siswa ditanamkan untuk mencintai lingkungan seperti mencintai diri sendiri, selain itu siswa juga diajarkan keberagaman karena di sekolah terdapat beragam tanaman. Siswa juga diajak tumbuh bersama tanaman. Dalam artian selama dididik di SMA Barunawati siswa akan tumbuh dan berkembang dengan ilmu pengetahuan serta karakter positif, sama dengan tanaman yang mereka tanam akan tumbuh dan bermanfaat.

Penulis : Bambang Fadian

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.