Inilah 6 Tempat Wisata Sejarah Di Ciamis Yang Harus Di Kunjungi

27 Aug 2019 09:27   Destinasi
Inilah 6 Tempat Wisata Sejarah Di Ciamis Yang Harus Di Kunjungi
Situs Astana Gede Kawali/ Situsbudaya.id

CIAMIS - Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat banyak terdapat tempat wisata yang indah dan menarik, memang di Ciamis tidak mempunyai laut karena sudah pisah dengan Pangandaran. Namun, di Kabupaten Ciamis banyak situs-situs sejarah budaya yang patut wisatawan coba.

Ada 6 tempat wisata sejarah dan budaya di Kabupaten Ciamis. Ini baru 6, mungkin masih banyak lagi tempat-tempat wisata sejarah dan budaya di Kabupaten Ciamis.

1. Obyek Wisata Budaya Ciungwanara Karangkamulyan.

Situs Ciungwanara Karangkamulyan merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Galuh. Situs Karangkamulyan merupakan dari situs masa Hindu-Budha, kisah Ciungwanara sendiri merupakan cerita seorang anak Raja yang dibuang dan berjuang untuk mendapatkan haknya sebagai keturunan dari Kerajaan Galuh.

Situs Karangkamulyan sendiri terletak di Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis atau sekitar 16 Km dari Kota Ciamis ke arah timur.

Terdapat berbagai peninggalan sejarah dan budaya yang istimewa di situs ini, yaitu :
1. Batu Pangcalikan
2. Leuwi Sipatahunan, Sanghyang Bedil dan Panyabungan hayam
3. Lambang Peribadatan
4. Cikahuripan
5. Batu Panyandaan dan Makam Sri Bhagawat Pohaci
6. Pamangkonan
7. Makam Adipati Panaekan
8. Fetur Parit dan Benteng

Kedelapan situs ini, mempunyai nilai sejarah dan budaya. Jadi kalau kalian hobi akan wisata sejarah situs Karangkamulyan ini harus kalian coba.

2. Kampung Adat Kuta
     Kampung Adat Kuta yang terletak di Desa Karangpaninggal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis ini dikenal sebagai kampung yang masih menjungjung tinggi adat dan budaya para leluhur dari kampung tersebut. Kampung Adat Kuta ini juga merupakan sebagai salah satu Ikon wisata Ciamis yang sudah dikenal di Indonesia.

Ada banyak tradisi di Kampung Adat Kuta, dari mulai hunian yang masih berpondasi Kayu dan berbentuk panggung dengan atap injuk dan berdingding anyaman bambu.

Meskipun terikat dengan aturan-aturan adat, tetapi masyarakat di Kampung Adat Kuta mengenal dan menggemari berbagai kesenian yang digunakan sebagai sarana hiburan baik kesenian tradisional maupun kesenian modern.

Jadi jika ingin lebih tahu akan sejarah dan budaya adat di Kampung kuta, harus datang ke kampung ini, untuk urusan biaya di kampung ini tidak mahal, ya tentunya cukup dengan isi dompet lho.

3. Situs Astana Gede Kawali
     Situs Astana Gede terletak di Dusun Indrayasa, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis. Dalam situs ini banyak sisa-sisa peninggalan kejayaan Kerajaan Galuh. Karena, di Kawali merupakan Ibu Kota Kerajaan Galuh di abad ke 14 Masehi.

Arkeologis di situs ini berasal dari tiga budaya yang berbeda yaitu budaya lokal, budaya hindu dan islam. Adapun arkeolog peninggalan Kerajaan Galuh yaitu 6 buah prasasti, 3 buah batu menhir dan 11 makam.

4. Situs Gunung Susuru
     Situs Gunung Susuru terletak di Kampung Bunder, Desa Kertabumi, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Situs ini menyimpan berbagai sejarah yang penting bagi Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar. Situs ini merupakan patilasan dari Kerajaan Galuh Kertabumi yang didirikan oleh Putri Tanduran Ageung atau Putri Raja Galuh Salawe yang bernama Sanghyang Cipta.

Kawasan ini terdapat dua situs yaitu situs Gunung Susuru dan Situs Bojong Gandu. Di sini terdapat sebuah tinggalan arkeologi berupa sisa benteng yang terbuat dari susunan batu.Di situs ini juga banyak ditemukan fragmen keramik, fragmen tembikar, dan kerak besi. Fragmen keramik diperkirakan berasal dari China (dinasti Ming dan qing), Thailand, Vietnam, dan Eropa.

5. Situs Museum Tambaksari
     Situs Tambaksari yang terletak di Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis merupakan kawasan yang mengandung peninggalan geologi dari jaman kuarter yang berumur Pliosen Tengah (2 juta tahun yang lalu).

Lokasinya meliputi beberapa desa di Kecamatan Tambaksari dan Kecamatan Rancah dengan luas mencapai ± 961,369 ha. Jika kalian datang ke sana, Anda akan menemukan banyak sekali fosil-fosil hewan purbakala.

6. Situs Jambansari
     Situs Jambansari merupakan kompleks makam Raden Adipati Aria Kusumadiningrat, Bupati Ciamis ke 16, yang memerintah dari tahun 1839 – 1886. Beliau adalah salah satu bupati Ciamis paling terkenal dan dianggap berjasa besar dalam membangun wilayah Ciamis, dahulu masih bernama Galuh.

Meskipun terletak di tengah kota, namun suasana di kawasan situs ini kontras dengan kawasan sekitarnya. Lingkungannya asri dan rindang jauh dari kebisingan. Sangat cocok untuk tempat bersantai di saat senja sembari menyaksikan hamparan sawah.

Jadi bagi kalian yang ingin lebih jauh mengenal Kabupaten Ciamis, 6 obyek wisata ini patut kalian kunjungi, terlebih wisata-wisata ini banyak mengandung sejarah dan budaya dan tidak mengeluarkan uang banyak lho.