Tak Bisa Menolak Akibat Tanggul Jebol Petani Merugi

04 Apr 2019 09:46   Bencana
Tak Bisa Menolak Akibat Tanggul Jebol Petani Merugi

Pati - Hujan deras dengan intensitas tinggi di Kecamatan Batangan mengakibatkan jebolnya tanggul kali Gandam diperbatasan Desa Suko Agung, Desa Ngening dan Desa Bulumulyo Kec. Batangan, Rabu (03/04/2019)

Akibatkannya  air meluap dipersawahan warga Bulumulyo yang tengah ditanami berbagai tanaman. Tanaman yang terendam antara lain padi 3 ha, bawang merah 5 ha, terong 2 ha,  cabai 2 ha dan  tebu 3 ha. Kerugian akibat jebolnya tanggul ini  ditaksir puluhan juta rupiah. Salah satu petani  Bpk Santoso pemilik sawah hanya bisa pasrah melihan tanaman bawangnya yang terendam air.

" Musibah ini tidak bisa dipridiksi, walau bagaimanapun saya tetap berusaha untuk mengurangi dampak kerugian," katanya.

Babinsa Desa Bulumulyo Pelda Sutaji yang mendapat laporan dari warganya melakukan kordinasi Kepala Desa Bulumulyo dan perangkat untuk mengajak warga bergotong royong membuat tanggul sementara dengan karung yang diisi pasir supaya air tidak meluas. Wargapun dengan senang hati dan langsung bekerja bergotong royong memperbaiki tanggul.

Kades Desa Bulumulyo Bapak Mulyono mengatakan kejadian ini tidak bisa dipridiksi sebelumnya.

" Musibah jebolnya tanggul akibat tingginya curah hujan, untuk itu perangkat desa bersama anggota Koramil Batangan dan masyarakat melaksanakan kerja bakti untuk membuat tanggul. " Kata Mulyono.

Danramil 15/ Batangan Kapten Inf mujima mengintruksikan Kepada Batuud supaya Anggota yang lain dikerahkan untuk membantu masyarakat. Selanjutnya Anggota ramai ramai bahu membahu bersama warga agar pekerjaan cepat selesai. (Ans/Pri/sol)