Peseta Jambore Satpo Pp Menerima Materi Wawasan Kebasaan Dari Kom

26 Jul 2019 21:11   Lain-lain
Peseta Jambore Satpo Pp Menerima Materi Wawasan Kebasaan Dari Kom

Pati_ Di lereng Gunung Muria, tepatnya di Wisata Jolong dengan ketinggian 700 – 900 MPDL dengan pemandangan yang begitu mempesona dengan adanya lereng-lereng,perbukitan serta dengan cuaca suhunya dingin kisaran 18° – 21° celcius,disinilah lokasi Jambore Satpol PP di laksanakan,dan di buka oleh Sekda  Propinsi Jawa Tengah

Pada siang harinya peserta mendapatkan materi kegiatan kebanyakan di lakukan di lapangan,dan pada malam harinya dengan cuaca yang cukup dingin di lokasi Agro Wisata PTPN IX Jolong 1,lebih tepatnya  di Dukuh Jurang Desa Sitiluhur Kecamatan Gembong,Kabupaten,pada pukul 19.30 s/d 20.45 peserta Jambore sebanyak 380 orang mendapat pembekalan Wawasan Kebangsaan dari Komandan Kodim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan S.Sos dengan tema “ Satu Tekad Membangun Bangsa “.

Dalam pembekalan Wawasan Kebangsaan tersebut di hadiri Danramil 11/Gembong Kapten Kav Sukandar, Kasatpol PP Kabupaten Pati Hadi Santoso, Pasi Ops Kodim 0718/Pati Lettu Kav Budi Karyadi,SE dan para pendamping peserta Jambore dari tiap Kabupaten dan Kota.

Sebelum menyampaikan materi Komandan Kodim 0718/Pati memperkenalkan terlebih dahulu,karena dalam pepatah mengatakan “ Tak Kenal Maka Tak Sayang “  setelah perkenalan baru menyampaikan materi dan menjelaskan isi dan pengertian tentang Wawasan Kebangsaan. Inti materi Wawasan Kebangsaan di antaranya cara pandang Bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya,mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah dalam berkehiduoan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara.

Dandim juga menjelaskan tentang Empat Pilar Wawasan Kebangsaan yang meliputi: Pancasila, UUD 1945 , Bhineka Tunggal Ika dan NKRI Harga Mati. Dan juga di terangkan pengertian tentang Empat Pilar Kebangsaan yaitu tiang penyangga yang kokoh ( soko guru ) supaya rakyat merasa nyaman,aman,tentram dan sejahtera serta terhindar dari berbagai gangguan dan ancaman serta bencana.” Jelasnya.

Para pesrta Jambore supaya mengetahui dan faham tentang makna Wawasan Kebangsaan,diantaranya adalah mengamanatkan kepada seluruh warga negara agar menempatkan persatua,kesatuan serta kepentingan dan keselamatan Bangsa dan Negara adalah di atas kepentingan pribadi atau golongan. Karena keselamatan dan keamanan Negara adalah menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama sebagai warga Negara Kesatuan Rebpublik Indonesia.” Pungkasnya . ( ans ).