Bimbingan Teknis Untuk Peningkatan Produksi

13 May 2018 22:25   Lain-lain
Bimbingan Teknis Untuk Peningkatan Produksi

Bimbingan tehnis pasca panen yg di lakukan Dinas pertanian kab pati oleh Kasi Bidang Pengolahan dan Pemasaran, Gunawan S.Hut.MM. di Poktan Wana Lestari Mulyo Desa Sidomulyo,Kecamatan Gunungwungkal merupakan kegiatan bintek yg ke-7 dalam agenda kegiatan.

Perlunya kegiatan bintek tersebut untuk mensosialisasikan ke petani tentang potensi kopi yg besar di Kabupaten Pati yang selama ini para petani 90 persen mengolah dengan natural proses/proses kering.Dengan harga rata rata antra 23.000 sampai 28.000/kg. Dari proses natural tersebut menerut analisa hasil perkebunan kopi di kab pati menghsilkan antra 45 sampai 103 milyar/tahundengan hitungan rata rata 25.000./kg.Dengan asumsi 700 sampai 1500kg/Ha.

Dalam kegiatan bimtek ini mengundang narasumber Muttaqin, Ketua Poktan Tani Mulya Mandiri Desa Sidomulyo Kecamatan Gunungwungkal yang mensosialisasikan dan mempraktekkan untuk beberapa pengolahan kopi Natural proses

Full washed

Semi washed

Honny proses

“Karna dengan proses full washed  sampai honny proses itu masing ada peningkatan harga sampai drngan seratus persen...maka dari itu pentingnya petani tau akan proses-proses tersebut yang nantinya akan meningkatkan sdm petani tersebut. Karena serang ini minum kopi sudah sangat membudaya, jadi penikmat kopi bisa merasakan yang mereka nikmati, dan Alhamdulillah di desa kami sudah ada Home industri Kopi Jowo, ini semua berkat dukungan moril serta partisipasi rekan-rekan kelompok dan Dinas terkait.” Ujarnya.

Di samping peningkatan produksi dengan pasca panen yang tepat Budidaya dan perawatan juga menjadi faktor yg harus di cermati dan di pelajari secara detail...seperti yang di sampaikan oleh narasumber bagian budidaya Bapak  Kenji dari Bageng Gembong.

Yang merupakan pelaku juga petani yang telah mengembangkan kopi di beberapa Kabupaten, Peremajaan, juga pemangkasan pasca panen perlu di lakukan agar hasil panen di tahun berikutnya bisa meningkat.

“Selain itu memilih klon atau jenis kopi yang akan di sambung juga perlu di cermati..untuk memaksimalkan hasil, Bapak Kenji juga menjelaskan akan perawatan kopi mulai pemangkasan mengatasi penyakit penggerek batang..harus di lakulan secara maksimal.” ujarnya. ( Ansori )