Hoax Merajalela! Cara Bedakan Situs Berita Asli atau Palsu

Hoax Merajalela! Cara Bedakan Situs Berita Asli atau Palsu

DITULIS USER

Anggi Myta Imaniar
ngopiOPINI 30 Jan 2017 WIB

Belakangan ini sering banget nih di guncang dengan isu-isu ataupun berita kompor lainnya , yang terkadang menyulut emosi orang padahal nggak tahu berita itu benar atau tidak. Apalagi kalau lihat media sosial mulai dari berita olahraga,ekonomi,informasi dan politik yang mana sebagai penyebaran emosi paling cepat.

Lantas, bagaimana mengindikasi sebuah berita tersebut adalah Hoax 

Cara paling mudah mengenali bahwa berita tersebut Hoax atau tidak adalah dengan membaca secara cermat dan menyeluruh pada setiap kata dan kalimat yang terisi dalam berita itu. Pasti kita dapat menandai kejanggalan yang ada. seperti berikut :

Setiap berita aktual memiliki 5W+1H yaitu singkatan dari What, Who, When, Where, Why, How (Apa, Siapa, Kapan, Dimana, Mengapa, Bagaimana) semua unsur inilah yang harus terkandung dalam sebuah artikel. 

Tentang foto yang di tampilkan pada situs tersebut, Jangan mudah percaya dengan gambar yang absurd atau yang tidak masuk akal. 

Judul berita juga dapat sebagai hal yang bisa di ketahui berita tersebut hoax atau tidak , dengan kata-kata dalam judul yang terlalu berlebihan seperti contoh "Anak Ayam Melahirkan" jika kita telaah kata-kata itu pasti tidak masuk akal karena Ayam dari dulu Bertelur bukan Melahirkan. Maka dari itu amati lagi ya setiap situs yang akan kalian baca 

Dan yang paling penting adalah sumber dari situs tersebut karena setiap situs pasti memiliki sumber untuk mengetahui berasal dari mana berita-berita itu . 

Itulah beberapa cara mudah untuk membedakan berita hoax atau asli di dunia maya. Semoga dapat membantu kalian ya.. 

Penulis : Anggi Myta Imaniar

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.