Sinergi Babinsa - Ppl - Poktan Tanam Jagung Serentak
Tanam Jagung Serentak di lahan Poktan wilayah Dlanggu Mojokerto

Sinergi Babinsa - Ppl - Poktan Tanam Jagung Serentak

DITULIS USER

Anan Alkarawangi
ngopiNEWS 03 Aug 2019 WIB

Mojokerto, - Babinsa Koramil 0815/14 Dlanggu Kodim 0815 Mojokerto Pelda Agus Sunaryo dan Sertu M. Sholeh mendampingi kelompok tani menanam benih jagung di Desa Kedunglengkong dan Desa Sumberkarang, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jum'at (02/08/2019).

Babinsa Kedunglengkong, Pelda Agus Sunaryo mengatakan, tanam jagung serentak varietas Super Hibrida BISI-226 berlangsung di lahan seluas 30 hektar yang dikelola Poktan Rukun Jaya, Dusun Badung, Desa Kedunglengkong, dan dilakukan secara manual oleh Ketua Poktan, Budianto beserta anggota.

Pelda Agus Sunaryo menambahkan, benih jagung yang ditanam tersebut merupakan bantuan Kementan RI untuk masa tanam Tahun 2019, yang diterima 48 Poktan se-wilayah Dlanggu pada awal Juli 2019 lalu. "Untuk alokasi setiap hektar mendapat bantuan benih jagung sebanyak 15 kilogram," paparnya.

Masih papar Babinsa, tanam jagung serentak ini sebagai tindak lanjut dari bantuan benih dari Kementan RI yang sudah diterima Poktan untuk masa tanam Agustus 2019. Hal ini juga sudah disosialisasikan oleh Distan Kabupaten Mojokerto pada pertengahan Juli lalu di Kantor BPP Dlanggu.

Pantauan di lapangan, aktivitas pendampingan tanam jagung serentak tersebut dilakukan Babinsa bersama PPL dari BPP Dlanggu, Anik Sulistyas, SP. 

Masih di wilayah Dlanggu, kegiatan serupa juga berlangsung di areal persawahan seluas 30 hektar yang dikelola Poktan Sumber Rejeki, Dusun Kertorejo Desa Sumberkarang.  Tanam jagung serentak varietas BISI 226 ini, dilakukan langsung Ketua Poktan, Sampiyono beserta anggota dan mendapat pendampingan dari Babinsa Sertu Muhammad Sholeh dan PPL setempat, Agus Suntono, SP.

Untuk diketahui, aktivitas pendampingan yang dilakukan Babinsa merupakan bagian dari upaya khusus (Upsus) ketahanan pangan guna membantu petani mewujudkan swasembada pangan di wilayah, khususnya komoditas Pajale (Padi, jagung dan kedele).

Penulis : Anan Alkarawangi

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.