Prajurit Kodim 0815 Ikuti Ekspedisi Merah Putih Di Gunung Pundak
Suasana Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih Di Puncak Gunung Pundak, Pacet, Mojokerto

Prajurit Kodim 0815 Ikuti Ekspedisi Merah Putih Di Gunung Pundak

DITULIS USER

Anan Alkarawangi
ngopiNEWS 19 Aug 2018 WIB

 

MOJOKERTO, - Sejumlah Personel TNI dari Kodim 0815 Mojokerto turut serta dalam kegiatan Pengibaran Bendera Merah Putih di Puncak Gunung Pundak Desa Claket Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (16/08/2018).

 

Kegiatan ekspedisi dan pengibaran Bendera Merah Putih di Puncak Gunung Pundak dalam rangka memperingati HUT Ke-73 Kemerdekaan RI dipimpin langsung Kapolres Mojokerto AKBP Leonardus Simarmata, S.Sos, S.IK, MH serta diikuti sejumlah 150 personel terdiri dari Wakapolres Mojokerto Kompol Ki Ide Tri, S.I.K, Para Kabag, Kasat dan Kapolsek Jajaran Polres Mojokerto, Polwan, Sabhara, dan Anggota TNI, PMI, Tagana, Senkom, Relawan, Pecinta Alam, Pramuka serta Wartawan Media Cetak dan Elektronik.

 

Sebelum menggelar Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di ketinggian 1.585 mpdl, anggota Polres Mojokerto bersama 17 komunitas melakukan kirab Bendera Merah Putih sepanjang 100 meter dengan start Mapolres Mojokerto menuju Bumi Perkemahan Tahura R. Soeryo, Pacet. Pemberangkatan Kirab Merah Putih tersebut dilepas Forkopimda Kabupaten Mojokerto, Rabu (15/08) sore.

 

Selanjutnya pada Kamis (16/08) pukul 02.00 WIB ekspedisi merah putih berangkat dari Bumi Perkemahan Tahura R Soeryo menuju Gunung Pundak dengan menyusuri jalan setapak di Lereng Gunung Welirang.  Kemudian pagi harinya pukul 06.00 s.d. 07.00 WIB dilaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dengan Irup Kapolres Mojokerto.

 

Sementara pembacaan Teks Proklamasi dilakukan Kabagops Polres Mojokerto Kompol Tri Sujoko, S.Pd., M.Psi, dan pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh Serda Edi Santoko dari Koramil 0815/16 Pacet Kodim 0815 Mojokerto.

 

Dalam amanatnya, Kapolres Mojokerto AKBP Leonardus Simarmata, S.Sos, S.I.K, MH, diantaranya, mengajak untuk senantiasa bersyukur atas limpahan rahmat, karunia dan nikmat kemerdekaan yang telah dinikmati selama 73 tahun.

 

“Ekspedisi dan pengibaran Bendera Merah Putih di Puncak Gunung Pundak Pacet ini dilakukan sebagai wujud penghormatan kepada para pejuang yang telah mengorbankan darah dan air mata untuk mencapai kemerdekaan”,  jelasnya.

 

Kita ingin merefleksikan diri kembali menjelang detik-detik proklamasi yang hanya menghitung jam saja, memang kita naik tidak mudah tapi jauh lebih berat apa yang dilakukan para pendahulu kita para pejuang kita. “Kita melaksanakan upacara ini untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan”, tandasnya.

 

Masih kata Kapolres, pelaksanaan upacara ini dengan sederhana namun penuh khidmat, ini kebersamaan seluruh elemen dari TNI, Polri, Relawan, semuanya ada di sini termasuk teman teman wartawan. “Kita berharap perbedaan tidak membuat kita menjadi renggang tetapi perbedaan itu suatu keindahan”, pungkas Kapolres.

Penulis : Anan Alkarawangi

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.