Parade Seribu Bantengan Di Trawas Mojokerto
Prosesi Penyerahan Cambuk Ki Ageng Penanggungan Menandai Dimulainya Parade Bantengan

Parade Seribu Bantengan Di Trawas Mojokerto

DITULIS USER

Anan Alkarawangi
ngopiNEWS 20 Aug 2018 WIB

MOJOKERTO, -  Berbagai cara dilakukan untuk memeriahkan HUT Ke-73 Kemerdekaan RI Tahun 2018. Seperti Warga Desa di wilayah Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, yang menyemarakan HUT Ke-73 dengan cara menggelar Parade Bantengan, yang berlangsung di Lapangan Desa Trawas, Minggu (19/08/2018) sore.

 

Kegiatan pentas seni lokal bantengan bertajuk “Parade Seribu Bantengan”, tersebut diikuti 15 Paguyuban Seni Bantengan se-Kecamatan Trawas dan diberangkatkan oleh Plt. Camat  Trawas, Slamet Supriyadi, S.AP., bersama Danramil 0815/17 Trawas Kapten Inf Heru Widodo CP, Kapolsek Trawas AKP Gatot Wiyono, SH serta dihadiri Ka UPT Dinas/Instansi, Panitia Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) dan Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kecamatan Trawas serta undangan tidak kurang dari 1.500 orang.

 

Parade 1.000 Bantengan ini menempuh jarak sekitar empat kilometer, dengan titik start di Lapangan Desa Trawas menuju finish di Dusun Gedengan Desa Tamiajeng, melalui route Simpang Tiga Puncak Trawas - Simpang Tiga Rumah Makan Asri - Simpang Empat Pasar Kesiman.

 

Plt. Camat  Trawas, Slamet Supriyadi, S.AP dalam sambutannya saat pemberangkatan parade, mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat Trawas yang mendukung dan ikut memeriahkan HUT Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia. Terima kasih juga disampaikan kepada Panitia PHBN dan Paguyuban Bantengan se-Kecamatan Trawas.

 

Ditambahkan, Bantengan merupakan salah satu kesenian rakyat yang ada di Kecamatan Trawas, untuk itu budaya lokal yang dapat menjadi destinasi wisata ini harus kita jaga dan lestarikan sebagai bentuk mengisi kemerdekaan yang diwariskan para pahlawan dan pejuang.

 

Sementara, Ketua Paguyuban Bantengan Kecamatan Trawas, Pujiantoro, mengatakan, bahwa atas nama Pimpinan Paguyuban Bantengan Trawas mengucapkan terima kasih kepada Camat dan Muspika, Asosiasi Kepala Desa (AKD) dan Panitia PHBN Kecamatan Trawas sehingga Parade 1000 Bantengan bisa terlaksana.

 

“Mari kita pupuk dan lestarikan kesenian Bantengan ini, dan harapan kami tahun depan Parade 1.000 Bantengan akan lebih semarak dan meriah”, ajaknya.

 

Usai pembacaan do’a dilanjutkan pemberangkatan parade yang ditandai dengan penyerahan Cambuk Ki Ageng Penanggungan dari Ketua Paguyuban Bantengan Kecamatan Trawas, Pujiantoro kepada Plt. Camat Trawas yang selanjutnya oleh Plt. Camat Trawas diserahkan kepada Pawang Bantengan, Heri.

 

Tampak ribuan warga memadati lokasi kegiatan mulai titik start, sepanjang route perjalanan yang dilintasi dan titik finish untuk menyaksikan langsung Parade 1.000 Bantengan.  Demikian pula dengan aparat keamanan dari Polsek, Koramil, Satpol PP dibantu Linmas turun langsung ke lokasi untuk mengamankan jalannya kegiatan.   

Penulis : Anan Alkarawangi

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.