Melalui Simokos, Koramil 0815/08 Dawarblandong Tanamkan Pendidikan Karakter Bagi Siswa

Melalui Simokos, Koramil 0815/08 Dawarblandong Tanamkan Pendidikan Karakter Bagi Siswa

DITULIS USER

Anan Alkarawangi
ngopiNEWS 03 May 2018 WIB

 

MOJOKERTO.         Kodim 0815 Mojokerto melalui Koramil Jajaran mensosialisasikan keberadaan Sarana Interaksi Motor Komunikasi Sosial (SIMOKOS) Kodam V/Brawijaya.  Kali ini Koramil 0815/08 Dawarblandong yang berkesempatan mengoperasionalkan dan mengenalkan Si-Mokos ke sekolah-sekolah yang ada di wilayah binaannya.

SMPN-I Dawarblandong Desa Pulorejo Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto menjadi sasaran Simokos, Kamis (03/05/2018).  Kehadiran Simokos yang dipandegani Bati Tuud Koramil 0815/08 Dawarblandong, Serma Muhammad Dawam disambut gembira oleh 340 orang siswa-siswi.                                            

Berikutnya, Tim Operasional Simokos, Serka Suwono, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Sekolah SMPN 1 Dawarblandong beserta dewan guru yang telah menyambut positif kehadiran Si-Mokos. 

 

Dijelaskan pula tentang Si-Mokos, merupakan singkatan dari Sarana Interaksi Motor Komunikasi Sosial berupa kendaraan bermotor roda tiga berwarna hijau yang didalamnya terdapat sarana belajar berupa buku bacaan yang beragam seperti pengetahuan umum, pengetahuan tentang TNI, pengetahuan tentang pertanian, wawasan kebangsaan, serta dilengkapi Televisi LED untuk memutar slide dan film-film dokumenter.

Sementara Kepala UPT SMPN 1 Dawarblandong, Alim Huda, S.Pd, MM., juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak - Bapak dari Koramil Dawarblandong yang telah meluangkan waktu untuk mengenalkan Simokos.  “Ini bentuk perhatian dan kepedulian TNI - AD melalui Komando Kewilayahan, dan kegiatan sangat bermanfaat buat anak didik kami”, ucapnya.

Kepala Sekolah juga berpesan kepada siswa/siswi untuk menyimak semua arahan, materi yang disampaikan Bapak-Bapak TNI dari Koramil, sebagai bekal yang bermanfaat.  “Yang jelas negara tidak mau generasi muda-nya bodoh, dan negara ingin mencetak generasi muda Indonesia yang cerdas dan berkarakter”, tandasnya.

Berikutnya, pemberian materi wawasan kebangsaan oleh Serka Suwono dan Tim Simokos Koramil Dawarblandong.  Selain materi wawasan kebangsaan, dijelaskan pula materi Kedisiplinan, dan Bela Negara yakni Cinta Tanah Air, Rela Berkorban Demi NKRI dan materi Bahaya Narkoba.  

Usai pemberian materi, para siswa diajak untuk membaca beragam buku bacaan yang ada di perpustakaan mini Simokos.  Dan materi outbond seperti holahop menjadi materi penutup pada kegiatan Simokos di SMPN 1 Dawarblandong.  

Sehari sebelumnya, Rabu (02/05), Tim Simokos Koramil 0815/08 Dawarblandong menyasar SDN 2 Pulorejo, Desa Pulorejo Kecamatan Dawarblandong, dan diikuti 150 siswa-siswi serta dihadiri Kepala Sekolah, Drs. Wiyanto, MM beserta para guru.

Penulis : Anan Alkarawangi

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.