Koramil Trowulan Bekali Wasbang Siswa Siswi Smkn

01 Oct 2019 12:49   ngopiNEWS
Koramil Trowulan Bekali Wasbang Siswa Siswi Smkn
Bati Wanwil Koramil Trowulan, Pelda Maryadi saat memberikan materi wawasan kebangsaan di SMKN Trowulan

Mojokerto, -    Dalam upaya membantu mewujudkan generasi muda yang berkarakter khususnya di wilayah binaan, Koramil 0815/02 Trowulan Kodim 0815 Mojokerto memberikan pembekalan wawasan kebangsaan bagi siswa-siswi SMKN Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (30/09/2019).

Pemberian materi wawasan kebangsaan bagi sejumlah 340 siswa/siswi kelas X dan pengurus OSIS tersebut disampaikan Bati Wanwil Koramil 0815/02 Trowulan Pelda Maryadi dengan didampingi Babinsa setempat Serda Gatot Wahyudiono.

Pada kesempatan tersebut, Pelda Maryadi memberikan materi wawasan kebangsaan bertajuk “Cinta Tanah Air”.  Dijelaskannya, cinta tanah air, dapat dimaknai tumbuhnya perasaan pada warga negara untuk mencintai negaranya dengan kesediaan mengabdi, rela berkorban, memelihara persatuan dan kesatuan, melindungi dan menjaga tanah airnya dari segala ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan.

Selain materi tersebut, Pelda Maryadi juga menjelaskan tentang nilai-nilai bela negara seperti cinta tanah air, Ideologi Pancasila, sadar berbangsa dan bernegara, serta rela berkorban.  Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi Kedisiplinan oleh Serda Gatot Wahyudiono yang mengupas tentang definisi dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Terpisah, Danramil 0815/02 Trowulan Kapten Inf Kasim, mengungkapkan, sebagai Satkowil, Koramil Trowulan bekerjasama dengan kalangan pendidikan di wilayah binaan untuk berkontribusi dalam membantu membentuk generasi muda yang berkarakter melalui pemahaman wawasan kebangsaan.

“Pemberian materi Wasbang ini bertujuan, agar para siswa mengetahui dan memahami nilai-nilai bela negara. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan bagian dari pembinaan teritorial guna mewujudkan demografi yang tangguh dengan sasaran generasi muda,” pungkasnya.

Sementara, Kepala SMKN Trowulan, Hj. Irni Istiqomah, S.Pd., MM., menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi dan kontribusi Koramil Trowulan dalam membantu membentuk para siswa agar lebih disiplin dan semakin mencinta tanah air. “Ini bagian dari pendidikan karakter,” ucapnya singkat.