Babinsa Koramil Dawar Bekali Materi Pbb Satlinmas Desa Temuireng

23 Sep 2019 17:14   ngopiNEWS
Babinsa Koramil Dawar Bekali Materi Pbb Satlinmas Desa Temuireng
Babinsa Koramil 08/Dawar Kopda Suhendik saat memberikan materi PBB bagi Anggota Linmas di Balai Desa Temuireng

Mojokerto, - Untuk meningkatkan kemampuan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di desa binaan,  Babinsa Temuireng Koramil 0815/08 Dawarblandong Kodim 0815 Mojokerto, Kopda Suhendik memberikan pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB).

Kegiatan yang berlangsung di Balai Desa Temuireng, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Minggu (22/09/2019) malam, dibuka Pj. Kades Temu Ireng, Ngateman dan dihadiri Perangkat Desa setempat.

Pada kesempatan tersebut, Kopda Suhendik menjelaskan tugas Satuan Linmas, antara lain, membantu dalam penanggulangan bencana alam dan penanganan pengungsi, membantu keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, serta membantu kegiatan sosial kemasyarakatan.  

Di hadapan 30 orang anggota Satuan Linmas, Kopda Suhendik juga menjelaskan, fungsi Linmas, diantaranya, memberikan perbantuan kepada Pemda, Kepolisian dalam memelihara ketenteraman dan ketertiban umum, perbantuan kepada TNI dalam upaya pertahanan negara dan perbantuan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di desa.

“Untuk itu, anggota Satlinmas sebagai bagian dari masyarakat, juga harus dilatih, diberikan keterampilan dan pengetahuan sehingga dalam melaksanakan tugas lebih profesional dan berpedoman pada peraturan yang berlaku,“ tandas Babinsa.

Pada kesempatan tersebut, untuk membekali kedisplinan, Kopda Suhendik juga memberikan pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) bagi anggota Satlinmas, meliputi, gerakan di tempat, gerakan berjalan dan tata cara penghormatan.  

Pantauan di lapangan, anggota Satlinmas sangat antusias dalam menerima materi dari Babinsa. Setiap aba-aba yang disampaikan Babinsa langsung direspon oleh anggota Satlinmas. Tampak Babinsa juga menghampiri satu persatu anggota Linmas ketika diketahui ada sikap atau gerakan yang kurang tepat.

Sementara itu, Pj. Kades Temuireng, Ngateman, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Koramil Dawarblandong khususnya Babinsa yang telah meluangkan waktunya untuk hadir dan memberikan pencerahan bagi anggota Linmas.  Ia berharap, kegiatan ini dapat dilangsungkan secara berkesinambungan untuk penguatan dan pemberdayaan potensi Linmas Desa Temuireng.