Babinsa Koramil 0815/19 Mojosari Dampingi Petani Airi Sawah

16 May 2019 18:57   ngopiNEWS
Babinsa Koramil 0815/19 Mojosari Dampingi Petani Airi Sawah
Babinsa Koramil 0815/09 Mojosari Bantu Petani Pengairan Lahan Sawah (Pendim 0815 Mojokerto)

Mojokerto, -  Babinsa Koramil 0815/09 Mojosari Kodim 0815 Mojokerto Serka Kholiq melaksanakan pendampingan Upsus ketahanan pangan di lokasi Poktan Margo Tani, Dusun Krembungdumpul, Desa Randubango, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (15/05/2019).

Babinsa Randubango, Serka Kholiq mengatakan, pengairan lahan sawah seluas dua hektar di lahan milik Abah Rojin menggunakan satu unit mesin diesel pompa air dilkerjakan bersama anggota Poktan Margo Tani, Dusun Krembungdumpul.

“Pengairan dengan pompa diesel ini dilakukan, karena curah hujan mulai berkurang dan irigasi pertanian mulai menyusut. Sehingga untuk mempercepat proses pengairan dilakukan dengan bantuan mesin pompa air, yang di mulai sejak pagi hingga malam hari,” ungkapnya.

Serka Kholiq menambahkan, pengairan lahan sawah ini dilakukan sebagai persiapan masa tanam yang akan berlangsung dalam pekan ini.  Pada saat tanam nanti, lahan akan digenangi air dengan ketinggian antara 2 – 5 centimeter atau macak-macak.  Hal ini dilakukan untuk memudahkan petani dalam proses tanam bibit padi.

Masih kata Serka Kholiq, kondisi macak-macak ini akan berlangsung sampai dengan 14 hari setelah tanam sampai dengan pemupukan pertama tanaman padi.  “Bila kebutuhan air tercukupi, maka tanaman akan tumbuh dan berkembang secara normal sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil produksi pertanian”, imbuhnya.

Sementara itu, Danramil 0815/09 Mojosari Kapten Arh Anang Supriyanto mengatakan, pengairan merupakan salah satu kunci utama dalam budidaya tanaman padi, karena baik tidaknya produktivitas padi ini salah satunya tergantung faktor pengaturan dan pengelolaan air.  

“Untuk mencapai hasil yang maksimal, sebaiknya pengairan lahan dilakukan secara berselang, artinya lahan harus dalam kondisi tergenang dan kering secara bergantian,” pungkas Danramil.