Guna Bangun Sinergitas, PAC GP Ansor Semampir Gelar Ruqyah Aswaja

10 May 2018 00:09   Surabaya
Guna Bangun Sinergitas, PAC GP Ansor Semampir Gelar Ruqyah Aswaja

Surabaya - Bekerja sama dengan Tagana (Taruna Siaga Bencana) Kota Surabaya dan Jamiyah Ruqyah Aswaja (JRA) Surabaya, Pengurus Anak Cabang Gerakan Pemuda (PAC) GP Ansor Semampir, Kota Surabaya menggelar pengobatan massal dengan metode Al-Qur'an atau yang biasa disebut Ruqyah, di Aula Kelurahan Sidotopo, kawasan Religi Sunan Ampel Surabaya, Selasa (8/5/2018) malam.

Agenda tersebut dalam rangka menyongsong bulan suci ramadhan dan membangun sinergitas Antara GP Ansor, JRA, Tagana dan seluruh unsur Muspika yang berada dikawasan Kecamatan Semampir, khususnya Kelurahan Sidotopo.

Ketua PAC GP Ansor Semampir Kota Surabaya Marotul Aziz atau yang biasa disapa Fadli mengatakan, kegiatan bakti sosial ini bisa terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya sinergitas kerjasama dengan Tagana Kota Surabaya.

"Kami (GP Ansor) sangat senang dan bangga dengan Kota Surabaya, mempunyai Tagana yang selalu siap dan sigap dalam penanganan suatu bencana," katanya.

Sedangkan Ketua PC GP Ansor Kota Surabaya, Sahabat Faridz Afif yang turut hadir, menyambut baik dan mengapresiasi kerjasama ini.

"Gerakan Pemuda Ansor sebagai garda terdepan dalam membentengi para ulama dan masyarakat dari faham-faham yang bertentangan dengan aqidah ahlussunnah wal jamaah An Nahdliyah," ujar pria yang akrab disapa Gus Afif ini.

Selain membangun sinergi dari beberapa unsur, Afif melanjutkan, Ruqyah ini sangat penting, pasalnya saat ini kondisi dilapangan muncul banyak ruqyah dari salafi wahabi. Mereka selalu menyampaikan kepada pasien atau peserta ruqyah, segala penyakit gangguan jin atau sihir salah satunya disebabkan karena suka tahlilan, ziarah kubur dan lain sebagainya sebagaimana amaliyah warga NU.

"Wahabi mengklaim dan melabeli Ruqyah dengan nama 'Ruqyah Syar'iyyah', mereka selalu mendoktrin pasien agar meninggalkan amaliah NU dan terhindar dari gangguan sihir, jin serta penyakit, karena menurut mereka, itu perbuatan syirik, maka Ruqyah Aswaja hadir untuk membuktikan bahwa Ruqyah itu bagian dari Nahdlatul Ulama," imbuhnya.

Sementara, sebagai lembaga keagamaan GP Ansor, Majelis Dzikir Sholawat Rijalul Ansor mempunyai program yang sama yaitu penguatan aswaja, dakwah dan pengabdian masyarakat.

"Rijalul Ansor kota surabaya siap merealisasikan kerjasama ini dengan baik dan melaksanakan program tersebut disetiap PAC se Kota Surabaya," pungkas Afif. (ATH)