YAYASAN  HANG TUAH  SELENGGARAKAN  MUSYAWARAH GURU MATA    PELAJARAN       ( MGMP) DAN WORKSHOP.
Ketua Umum Pengurus Pusat Yayasan Hang Tuah Laksda TNI ( Pur ) Amri Husaeni saat meresmikan pembukaan workshop dan MGMP Yayasan Hang Tuah di hotel Ayanna Trawas Mojokerto (10/10)

YAYASAN HANG TUAH SELENGGARAKAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN ( MGMP) DAN WORKSHOP.

DITULIS USER

Ahmad Darowi
Pendidikan 10 Oct 2017 WIB

Surabaya,(10/10)

“ Sukses Ujian Nasional 2018 melalui MGMP Yayasan Hang Tuah “  menjadi salah satu upaya untuk mendongkrak  peningkatan kualitasl  hasil didik, ini menjadi alasan  kenapa Yayasan Hang Tuah  menyelenggarakan MGMP.

                 Tidak kurang dari 58 orang terdiri dari kepala satuan pendidikan ( Kasatdik) dan guru  di lingkungan Yayasan hang Tuah yang bergerak dalam pendidikan  Selasa (10//10) melaksanakan Musyawarah  Guru Mata Pelajaran yang berlangsung di hotel Ayanna Trawas Mojokerto.

                Pelaksanaan MGMP ke  sepuluh mata pelajaran  UN yang menjadi  prioritas  utama ,  antara lain bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika, boilogi , fisika, kimia , ekonomi, geografi, sosiologi dan ilmu pengetahuan alam. Dan masing-masing mapel MGMP sudah  membuat program penguatan dan  fokus kepada anak-anak kelas tiga yang  sebentar lagi akan melaksanakan  UN  tahun pelajaran 2017/2018.

 

                Ketua Penyelenggara MGMP  Yayasan Hang Tuah  Drs.S.D Seputra, S.K.M.,M.M,  yang kesehariannya sebagai Ketua Pengurus  Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya dalam kesempatan tersebut memberikan  arahan kepada seluruh peserta agar forum MGMP ini menjadi  ajang  dalam rangka memecahkan segala persoalan yang berkaitan dengan pembelajaran peserta didik. Disamping itu juga  MGMP merupakan sarana untuk  menciptakan sumber daya manusia yang tangguh dalam menghadapi  era globalisasi  dan informasi, hal ini di buktikan dengan  usaha pemerintah  untuk memajukan  pendidikan baik itu pendidikan formal maupun non formal di tiap-tiap daerah.

    • Ketua Umum Pusat Yayasan Hang Tuah Laksda TNI (Pur) Amri Husaeni saat memberikan cinderamata kepada penyaji MGMP  materi Budi Santoso,M.Pd dari UWK

Sebagaimana tujuan pendidikan nasional  seperti yang tercantum dalam    undang-undang sistim   pendidikan nasional No. 20 tahun 2003 bahwa untuk meningkatkan sumber daya manusia  (ESDM)  yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa  kepada Tuhan Yang Maha Esa berbudi pekerti yang luhur, berkepribadian, desiplin, kerja keras, tangguh, bertanggung jawab, mandiri cerdas dan trampil, serta sehat jasmani rokhani.

 Mengacu kepada tujuan pendidikan nasional tersebut Yayasan Hang Tuah memiliki  terobosan baru  dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dengan melaksanakan  Musyawarah Guru Mata Pelajaran ( MGMP)  yang merupakan wadah formal khususnya di dalam satuan pendidikan / Satdik  SMP,SMA san SMK. MGMP yang dilakasanakan selama dua hari di Hotel Ayanna Trawas Mojokerto diharapkan akan memberikan kontribusi positif  bagi seluruh guru Yayasan Hang Tuah  dan dapat meningkatkan  kualitas  pelayanan  dan sukses dalam UNBK dan USBN tahun pelajaran 2017/2018 yang akan datang.

Diakhir sambutannya penguasa Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya  mengajak  kepada seluruh peserta agar mereka memiliki kemampuan tingkat tinggi  HOTS ( Higher Order Thinking Skills ) yang  menjadi salah satu kemampuan yang sangat  penting untuk dimiliki siswa pada saat ini khususnya dalam proses pembelajaran,  kemampuan  berpikir kritis, logis, relektif, metakognitif, dan berfikir kreaktif yang merupakan  kemampuan berfikir tingkat tinggi . Selama dua  hari beberapa nara sumber memberikan  pelatihan bagaimana membat dan menganalisa soal-soal HOTS yang menjadi tern di tahun 2016 kemaren. 

KOMPAK : Mereka Kasatdik dan guru yang tergabung dalam MGMP Yayasan Hang Tuah menyempatkan foto bersama sesusai acara pembukaan di hotel Ayanna Trawas Mojokerto

Lebih ditegaskan kembali sebelum menutup sambutannya bahwa “ Ujian Nasional”  diharapkan bukan menjadi momok bagi siswa, orang tua dan guru. Karena  Yayasan Hang Tuah telah menyediakan bekal  MGMP yang  cukup untuk menghadapi Unas tersebut.

                Sementara itu Ketua Umum  Pengurus  Pusat Yayasan Hang Tuah Laksda TNI  ( Pur )Amri Husaeni  yang jauh-jauh datang dari Jakarta ikut memberi suport kepada peserta MGMP agar kesempatan kali ini tidak di sia-siakan,  “ hari ini telah di resmikan MGMP, bukan berarti kerja seluruh peserta telah berakhir, namun ini merupakn awal untuk memberikan perubahan hasil yang maksimal  kepada peserta didik yang akan menghadapi  UNBK serta USBN tahun pelajaran 2017/2018. Diharapkan kepada peserta MGMP agar hasil rumusan dan program-program andalan yang akan di buat selama dua hari ini akan di distribusi ke daerah-daerah lain khususnya di lingkungan Yayasan Hang Tuah”, demikian akunya.

Siswa-siswi  SMA Hang Tuah 1 Surabaya ikut menyemarakkan peresmian MGMP Yayasan Hang Tuah , mereka tampil saat menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya,  Mars Hang Tuah dan Melati suci, peserta MGMP pun terasa terhentak dengan suara mereka yang memang hebat.

Turut hadir  dalam kesempatan ini beberapa pengurus Yayasan Hang Tuah Pusat antara lain   Laksma TNI (Pur)  Bambang Wahydin,  Laksma TNI (Pur)  Drs Rosehan Chaidir, M.A.P, Kolonel Laut (Pur)  Aris Priyono Wibowo, S.T ,  perwakilan peserta dari SMA Hang Tuah 1 Jakarta menghadirkan  3 wakilnya, perwakilan dari  Tarakan dan seluruh Kasatdik dan guru mapel Unas  Yayasan Hang Tuah Cabang  Surabaya.(dar)

Penulis : Ahmad Darowi

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.