Smk Kal-1 Luncurkan Drum Band Gs “gita Anjara Samudera”

12 Sep 2018 14:32   Pendidikan
Smk Kal-1 Luncurkan Drum Band Gs  “gita Anjara Samudera”
Demontrasi GS "Gita Anjara Samudera" saat peluncuran Rabu,(12/9) di SMK KAL-1 Surabaya

Surabaya,(12/9).

Sekolah Menengah  Kejuruan Khusus Angkatan Laut SMK KAL-1 Surabaya Rabu,(12/9) kini  telah memiliki Ektra kurikuler Drum Band dengan debut barunya GS ( Genderng Seruling ) “ Gita Anjara Samudera” . Peluncurannya secara resmi dilaksanakan di halaman sekolah oleh Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya Drs. S.D  Seputra, S.K.M.,M.M didampingi Kepala SMK KAL-1 Drs. Burhan, M.Pd.

GS Gita Anjara Samudera yang memiliki makna yang sangat luas dengan kata lain akan menuju kejayaan se nusantara. Keberadaan drum band milik sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya diasuh oleh para pelatih yang sangat mumpuni dari Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan Dan Latihan TNI Angkatan Laut  / Kodiklatal , yang berkiblat pada  drum band  GS Gita Jala Taruna Akademi TNI Angkatan Laut .

Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya Drs. S.D Seputra, S.K.M.,M.M saat menyerahkn stik tambur mayor kepada  M.Rafli kelas XII TPM SMK KAL-1 Surabaya

Upacara peluncuran GS “Gita Anjara Samudera” oleh Kapeng YHT di awali dengan penyerahan Stik tambor mayor kepada siswa  M.Rafli kelas XII Teknik Pemesinan, kemudian dilanjutkan demontrasi drum band Gita Anjara Samudera dengan mengiringi beberapa lagu, antara lain Mars Hang Tuah, Tanjung Perak, Surabaya serta Gemu Famire.

Kapeng Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya dalam penekanannya kepada seluruh personil GS Gita Anjara Samudera agar tidak ragu dalam berlatih, berlatih penuh semangat pantang menyerah hingga tujuan tercapai,  bagai semboyan  para pelaut kita yang sangat professional “ Sekali Layar Terkembang Pantang Biduk Surut Ke Pantai”.

Disamping itu GS Gita Anjara Samudera juga merupakan kebanggaan Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya dan kebanggaan SMK KAL-1, untuk itu drum band ini harus menjadi yang terbaik. Menjadi tugas para pembina/pelatih untuk mewujudkan hal itu. Dengan menjadi yang terbaik tidak menutup kemungkinan akan menjadikan SMK KAL-1 lebih dikenal di kota Surabaya dan sekitarnya dan bisa menjadi ajang promosi.

Para siswa yang tergabung dalam ekstra kurikuler drum band juga sebagian besar adalah anggota ekstra kurikuler Paskibra / pasukan pengibar bendera PASKAL-1, sehingga mereka sudah matang dalam PBB. Untuk menuju ke drum band tentu  saja   tidak terlalu repot, karena dasar-dasar PBB sudah mereka miliki. Anggota Paskal-1 kini memiliki anggota 75 siswa yang terdiri dari kelas X,XI dan XII. Dari jumlah ini yang tergabung dalam drum band adalah separohnya menyesuaikan dengan jumlah peralatan yang di miliki saat ini.  Ke depan menurut orang nomor satu di SMK KAL-1 Drs Burhan, M.Pd akan segera melengkapi peralatan lainnya yang di butuhkan(dar).