Smk Kal 1 Bersama Orang Tua Siswa,  Bentuk Siswa Berkarakter
296 Orang tua siswa kelas X SMK KAL-1 tahun pelajaran 2018/2019 hadir di Ruang Praktek Sisw (RPS) untuk berperan aktif dalam membentuk siswa berkarakter

Smk Kal 1 Bersama Orang Tua Siswa, Bentuk Siswa Berkarakter

DITULIS USER

Ahmad Darowi
Pendidikan 25 Aug 2018 WIB

Surabaya,(25/8)

296 Orang tua siswa kelas X semua jurusan, TKR ( Teknik  Kendaraan  Ringan), TPM ( Teknik Pemesinan), Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) dan Teknik Video Audio (TAV)  Sabtu,(25/8) hadir  di Ruang Praktek Siswa (RPS) dalam pertemuan dengan seluruh managemen sekolah SMK KAL-1 yang dibagi dalam dua gelombang.

Gelombang pertama terdiri dari 148 orang tua siswa memadati  ruang RPS  dan gelombang ke dua sama halnya, semua  orang tua tersebut  untuk kali pertama mendapat penjelasan dari Kepala Sekolah SMK KAK-1 Drs Burhan ,M.Pd situasi dan kondisi pembelajaran yang sedang dan akan berlangsung selama tahun pelajaran 2018/2019.

Orang nomor wakhid di SMK KAL-1 juga memperkenalkan kepada orang tua siswa seluruh managemen sekolah, dan disampaikan  beberapa ektra kurikuler yang  siap menampung pengembangan potesni  siswa antara lain ekskul TNI-Polri, drum band, paskibra, pramuka, dayung, tari, musik, bahasa inggris, karate, futsal, bola voly. Dalam kesempatan tersebut hadir juga beberapa alumni yang telah sukses dalam karienya untuk memberi motifasi kepada orang tua siswa bahwa mereka tidak salah pilih memberi kepercayaan kepada SMK KAL-1 untuk  pendidikan putra-putrinya.

Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum Munawar,S.Pd pada sesi berikutnya secara panjang lebar  menyampaikan program pembelajaran sehari-hari hingga  pelaksanaan ulangan harian, Praktek Kerja Lapangan (PKL)/ Pendidikan Sistim Ganda(PSG)bagi siswa kelas XI, USBN dan UN.

Melalui buku Pedoman  Siswa  yang sudah di bagikan kepada siswa beberapa hari yang lalu, adalah salah satu bentuk  alat kontrol baik orang tua maupun managemen sekolah,  karena di dalam buku tersebut terdapat beberapa aitem yang harus diketahui oleh orang tua, tentang tata tertib sekolah, jam belajar, penggunaan seragam, hak dan kewajiban siswa.

Dalam pelaksanaan sehari-hari semisal anak tidak masuk sekolah, ijin pulang lebih awal, ataupun siswa melakukan pelanggaran, kesemuanya  akan tercatat dalam buku tersebut dan ada kolom disposisi  yang harus di isi oleh orang tuanya.

Dengan adanya buku pedoman siswa tersebut diharapkan  akan membantu membentuk siswa berkarakter, karena baik pihak sekolah maupun orang tua siswa akan selalu terjalin komunikasi sehingga sepak terjangnya siswa/ perilaku siswa  akan dapat di monitor dengan mudah.

Pembentukan siswa berkarakter dengan pola dua arah ini akan lebih efektif  karena baik pihak sekolah dan orang tua akan bersama-sama dalam membentuk siswa berkarakter. Di sekolah  SMK KAL-1 tentu saja tidak cukup ,  akan tetapi di dalam  keluarga  juga di lingkungan tempat tinggalnya akan sangat berpengaruh.

Sudah di canangkan oleh sekolah  bahwa pendidikan karakter juga  diwujudkan dalam setiap proses pembelajaran, seperti pada metode pembelajaran, muatan kurikulum, penilaian dan lain-lain. Selain itu di sekolah juga diajarkan beberapa macam hal yang dapat membentuk karakter pada siswa diantaranya adalah tentang pendidikan religius ( dilaksanakan setiap hari sholat dhuha berjamaah) sebelum pembelaajaran di kelas di mulai, kedisiplinan, toleransi, jujur dan semangat kebangsaan. Semua hal tersebut diajarkan demi terciptanya seorang anak yang berkarakter positif dalam dirinya (dar).

Penulis : Ahmad Darowi

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.