SISWA SMK KAL 1 SURABAYA TERLIBAT JELAJAH KEPAHLAWANAN
Upacara pelepasan KRI Dr. Soeharso -990 yang akan membawa generasi muda dalam Pelayaran Jelajah Kepahlawanan 2017.

SISWA SMK KAL 1 SURABAYA TERLIBAT JELAJAH KEPAHLAWANAN

DITULIS USER

Ahmad Darowi
Pendidikan 31 Oct 2017 WIB

Siurabaya,(31/10).

                Dua hari sudah 16 Siswa SMK KAL-1 Surabaya on board di KRI Dr. Soeharso-990, sebuah kapal  perang dari Satuan Kapal Bantu Komado Armada RI Kawasan Timur jenis kapal LPD ( Landing  Platform Dock) dengan Komandannya  Letkol Laut (P) Alfred Daniel Mathews sejak kemarin siang  bersama-sama pemuda-pemudi,  pelajar, karang taruna , pramuka, santri  dan   mahasiswa se Jawa Timur  melaksanakan  Pelayaran Jelajah Kepahlawanan.

                 Keberangkatan Pelayaran  Jelajah Kepahlawanan 2017   kemaren telah di laksanakan dalam sebuah upacara yang berlangsung di Dermaga Koarmatim Ujung Surabaya dengan Inspektur upacara Sekjen Kemensos RI Heri Soeratin di dampingi Kepala Staf Komando Armada RI Kawasan Timur Laksamana Pertama  TNI Robert W. Tappangan, S.H mewakili Pangarmatim Laksamana Muda TNI Darwanto,S.H., M.A.P.

                 Peserta secara keseluruhan berjumlah  400 dengan rincian pelajar SMA/SMK /MAN  200 peserta, Santri dari Pondok pesantren 100 peserta ,  siswa Panti  Pemerintah  dan swasta 50 peserta , Relawan Sosial 50 peserta,  saat berada di atas kapal, mereka   diperkenalkan profil KRI dr Soeharso-990 melalui "ship tour". selain itu  untuk menumbuhkan jiwa kemaritiman,  ditayangkan pemutaran film-film tentang keangkatanlautan. Juga kegiatan yang tak kalah menarik selama pelayaran adalah pembekalan nilai-nilai kepahlawanan dan kemaritiman kepada peserta melalui kegiatan ceramah agama, diskusi, tanya jawab, permainan dan simulasi  yang di sampaikan oleh  Tim dari Perwira  Dispotmar Koarmatim dipimpin oleh Kolonel Laut (P) Ferry Supryadi yang kesehariannya selaku Kepala Dinas Potensi Maritim Koarmatim, di bantu  Letkol Laut (P) Budi  Rusyanto,  Mayor Laut (P) Dana Riskara ,  Kpt Laut(P)Asikin ,  Kpt Laut(P) Susas Murwanto  serta para perwira dari KRI Dr. Soeharso-990.

Para peserta menaiki LCU (Landing Craft Unit)  KRI SHS menuju  daerah Bakti sosial di  Batuporon Bangkalan  Madura.

                Siswa SMK KAL-1  dalam  Pelayaran Jelajah Kepahlawanan 2017,  melibatkan 16 siswa yang dipimpin oleh Moch  Afthah Harsono kelas XII TPM B dengan 15 pengikutnya terdiri dari  kelas XI 1, kelas XI 5 dan kelas X 9 siswa.  Mereka  dijadwalkan berada di KRI SHS-990  selama tiga hari, 30 Oktober hingga 1 November, dengan mengarungi Selat Madura. Di antaranya akan singgah di Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Batuporon  Bangkalan  Madura untuk melaksanakan bakti sosial  pada 31 Oktober2017. Baksos tersebut di hadiri Wakil  Bupati Bangkalan  Puguh Santoso serta instansi terkait dengan memberikan bantuan berupa  peralatan sekolah,  sembako, peralatan kesehatan berupa  kaca mata,  kursi roda serta tangan dan kaki palsu untuk warga yang kebetulan tangan dan kakinya kurang berfungsi.

                 Pada sore tadi (31/10)  setelah  selesai baksos di Bangkalan, KRI SHS -990  kembali merapat di dermaga Koarmatim, selanjutnya seluruh peserta turun melihat dari dekat keberadaan Patung Jalesveva Jayamahe (Monjaya) di lanjutkan  kunjungan ke  Kapal Latih Taruna Akademi TNI AL  KRI Dewaruci yang sedang sandar di Pangkalan Koarmatim. Menurut rencana malam ini akan di lanjutkan dengan berbagai ceramah melanjutkan berbagai topik menarik tentang kemaritiman.

Siswa-siswi SMK KAL-1 Surabaya saat on board di KRI Dr. Soeharso-990 dalam rangka mengikuti Pelayaran Jelajah Kepahlawanan 2017 di Propinsi Jawa Timur.

 Penyelenggaraan kegiatan jelajah kapal kepahlawanan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 2017,  memiliki tujuan  untuk  meningkatkan  pemahaman  dan kebanggan di kalangan generasi muda bahwa Indonesia  adalah negara Maritim  dan pernah mengalami kejayaan , sehingga diharapkan  mereka terpacu  untuk menjaga laut dan harkat dan martabat bangsa  dan negara.   Serta memperkokoh rasa persatuan  dan kesatuan  di kalangan generasi muda  agar tidak terjerumus  melakukan hal-hal yang dapat merugikan  bangsa dan negara.  Dan satu lagi hal yang tidak kalah pentingya adalah  menumbuhkan kepedulian terhadap sesama  sebagai salah satu bentuk implementasi nilai Kepahlawanan, Keperintisan dan  Kesetiakawanan Sosial. 

Seluruh peserta Pelayaran Jelajah Kepahlawanan saat foto bersama di patung Monjaya Koaramatim

 Menurut keterangan dari pantia yang bisa di himpun, Rabu (01/11)  Jelajah  Kepahlawanan 2017 di Jawa Timur akan ditutup oleh Menteri Sosial RI  Dra. Khofifah Indar Parawansa bersama Pangarmatim Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H., M.A.P dalam sebuah upacara yang akan berlangsung di Dermaga Madura Ujung Surabaya/ Koarmatim (dar).

Penulis : Ahmad Darowi

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.