SISWA SMK KAL 1 NOBAR  FILM KARTINI HARI KETIGA BERSAMA GUS IPUL.

SISWA SMK KAL 1 NOBAR FILM KARTINI HARI KETIGA BERSAMA GUS IPUL.

DITULIS USER

Ahmad Darowi
ngopiNEWS 04 May 2017 WIB

Surabaya,(4/5)

Membaca dan nembaca itulah yang di ajarkan oleh RA Kartini kepada kaum wanaita Indonesia  yang lahir di Jepara 21 April 1879. Penekanan belajar membaca juga di sampaikan oleh Gus Ipul di depan 1722 siswa-siswi tingkat SMU/SMK beserta guru pendamping dalam Nobar Film Kartini  di bioskop  Ciputa World Surabaya (4/5).

Menurutnya , membaca bukan hanya  untuk pria, namun wanita juga berkewajiban membaca sebagài mana  dalam bacaan  Kitab Suci Alquran, Iqro' yang memiliki makna "bacalah". Yang dalam hal ini membaca menjadi kewajiban  untuk semua   umat  baik laki- laki maupun  perempuan.

Film Kartini yang diperankan oleh  Dian Sastrowardoyo sangat memukau penonton khususnya siswa-siswi tingkat SMU/ SMK sederajat bahkan bapak ibu guru pendamping juga terkagum kagum melihat ektingnya, banyak yang larut dalam kesedihan  terbawa alur ceritra sehingga harus mengeluarkan sapu tangan untuk membasuh air mata.

Dalam potongan cerita film Kartini belajar mengaji Kitab Suci Alquran, Kartini mempertegas pertanyaan kepada sang Kyiai bahwa  membaca bukan hanya wajib bagi kaum lelaki ,jadi perempuan juga wajib belajar membaca

Dengan adanya film Kartini tersebut generasi muda Indonesia mendatang diharapkan lebih terpacu dalam semangat belajar membaca sehingga kelak para siswa- siswi yang akan menggantikan posisi sebagai pemimpin negeri  ini akan lebih maju.

Sosok  Kartini sudah dikenal sejak zaman penjajah Belanda. Dari Kartini inilah kebangkitan wanita-wanita Indonesia mulai tumbuh  meskipum saat itu masih banyak tantangan .

Namun kini telah bisa kita nikmati kejayaan Wanita-wanita Indoensia. Mereka bisa duduk sejajar dengan kaum lelaki baik saat  menjalankan tugas negara maupun berkarya. Bahkan  dalam pemerintahan Presiden Jokow saat ini  banyak juga posisi para menteri yang berasal dari kaum wanita.

 

Impian  RA Kartini  dan cita- citanya bagi kaum wanita Indonesia telah terwujut, sebagai generasi muda penerus bangsa kita wajib mempertahankan dan meningkatkan  emansipasi wanita Indonesia.(drw).

Penulis : Ahmad Darowi

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.