Sd Hang Tuah 9 Bagikan Daging Kurban Di Desa Bangoan Kedung Peluk
Kepala Sekolah SD Hang Tuah 9 Candi Sidoarjo Ariani Tri Yuliasih, S.Pd, M.Pd saat menyerahkan hewab qurban kepada perwakilan masyarakat di desa Bangoan Kedung Peluk Candi Sidoarjo

Sd Hang Tuah 9 Bagikan Daging Kurban Di Desa Bangoan Kedung Peluk

DITULIS USER

Ahmad Darowi
Pendidikan 27 Aug 2018 WIB

Sidoarjo,(27/8)

            Mengiringi gema takbir dan tahmid di hari raya ’Idul Adha 1439 kali ini SD Hang Tuah 9 Candi Sidoarjo melaksanakan penyembelihan hewan qurban di desa Bangoan  Kedung Peluk Candi Sidoarjo(22/8).

Hari Raya Idul Adha pada setiap tanggal 10 Dzulhijjah  juga dikenal dengan sebuatan “Hari Raya Haji” Disamping Idul Adha dinamakan hari raya haji  juga dinamakan “Idul Qurban”, karena pada hari itu Allah memberi kesempatan kepada kita untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya.

 Bagi umat muslim yang belum mampu mengerjakan perjalanan haji, maka ia diberi kesempatan untuk berkurban, yaitu dengan menyembelih hewan qurban sebagai simbol ketakwaan dan kecintaan kita kepada Allah SWT.   Peringatan peristiwa ketika Nabi Ibrahim A.S. bersedia untuk mengorbankan putranya untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba inilah yang umat muslim lakukan  sebagai kecintaan  kita pada Allah SWT.

           SD Hang Tuah 9 Candi ikut merayakan pelaksanaan hari Raya Idul Adha yang  jatuh pada hari Rabu tgl 22 Agustus 2018.Ada yang berbeda  dari tahun tahun sebelum nya pelaksanaan hari Raya Idul Qurban di Sekolah kita tercinta , yang biasa nya dilakukan penyembelihan hewan qurban di sekolah kemudian mendistribusikan daging qurban ke umat muslim yg berhak menerima nya.

            Pada tahun ini SD Hang Tuah 9 Candi Sidoarjo merayakan Idul Adha diadakan di  luar  sekolah , kita berbagi Qurban dengan masyarakat Dusun Bangoan Kedung Peluk Kecamatan Candi dan juga diberikan kepada SDN Kedung Peluk 2 . Kita memberikan  6 ekor hewan qurban dan meyembelihnya bersama-sama  dengan masyarakat dan siswa siswi SDN Kedung Peluk 2, kemudian membagikan daging tersebut kepada masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar SD Kedung Peluk-2.

            Ada hal yang betul betul membuat kita berfikir pada Idul Adha tahun ini bagaimana SD Hang Tuah 9 membagi daging  kurban ke tempat yang membutuhkan extra hata- hati dalam menempuh perjalanan ke dusun Bangoan, hanya dengan kendaraan roda dua untuk sampai ke tempat tujuan. Karena kondisi  pembangunan dilokasi yang kurang bberkembang sehingga mobilpun belum bias masuk ke lokasi.

          Perjalanan yang sangat jauh dan perlu tenaga extra untuk menuju lokasi terbayar dengan melihat keindahan lokasi dan keramah tamahan masyarakat sekitar yang menyambut kedatangan kita, pemberian hewan qurban dan sekaligus bersama sama meyembelih dengan masyarakat , Bapak Ibu guru, karyawan , perwakilan siswa dan perwakilan wali murid(dar).

 

 

Penulis : Ahmad Darowi

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.