Satdik Hang Tuah Gelar  Latgab  Ldks
Siswa SMP Hang Tuah 2 dan SMP Hang Tuah 5 saling tukar cindera mata seusai pembukaan LDKS yang berlangsung di halaman SMP Hang Tuah 2 Surabaya disaksikan kedua kepala sekolah SMP hang Tuah 2 dan kepala sekolah SMP Hang Tuah 5

Satdik Hang Tuah Gelar Latgab Ldks

DITULIS USER

Ahmad Darowi
Pendidikan 25 Aug 2018 WIB

 

Surabaya,(24/8)

Terobosan baru dua Satuan  Pendidikan di lingkungan Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya, SMP Hang Tuah 2  Surabaya dan SMP Hang Tuah 5 Sidoarjo melaksanakan program bersama Latihan Bersama “ Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa” ( LDKS) yang berlangsung di SMP Hang Tuah 2 Surabaya selama dua hari (24-25 ) Agustus.

LDKS ke dua  sekolah ini merupakan program tahunan yang sudah berlangsung selama ini, namun untuk melaksanakan secara bersama-sama  kegiatan ini  baru pertama kali di tahun pelajaran 2018/2019 dengan melibatkan siswa  Osis dan Polsis  SMP Hang Tuah 2 Surabaya 80 siswa dan SMP Hang Tuah 5 Sidoarjo 74 siswa serta 6 pembina dari kedua sekolahan tersebut.

Upacara pembukaan berlangsung di halaman sekolah SMP Hang Tuah 2 Surabaya dengan inspektur upacara kepala SMP TH 2 Kusnan, S.Pd di ikuti oleh seluruh  peserta siswa dan sejumlah pembina dan guru dari  kedua sekolah terebut.

Kusnan,S.Pd selaku kepala sekolah SMP HT 2 menekankan bahwa tujuan di laksanakan LDKS ini untuk    mencetak generasi muda yang berkarakter merupakan sebuah bentuk kegiatan yang bertolak ukur kepada peningkatan sumber daya peserta untuk mendalami dan memahami tentang konsep-konsep atau dasar-dasar sebuah organisasi di sekolah, seperti Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) , Polisi Siswa (Polsis) di lingkungan sekolah Hang Tuah. LDKS ini bertujuan untuk Menanamkan jiwa kepemimpinan, kemandirian, dan keteladanan kepada siswa.

LDKS merupakan tahap pertama atau merupakan syarat yang harus dilalui para siswa dan siswi sebelum masuk menjadi pengurus OSIS, dimana siswa harus terlebih dahulu mengikuti LDKS. Pelatihan ini punya peranan penting untuk membangun karakter kepemimpinan agar dimasa depan nanti ia bisa memberikan kontribusi terbaiknya untuk keluarga dan masyarakat.. Semua siswa harus mengikuti semua aturan yang sudah ditetapkan dan apabila ada yang melanggar, sangsi pun diberlakukan..

Pembekalan yang di lakukan oleh Kepsek SMP HT 2 dan Kepsek SMP HT 5 dengan materi keorganisasian siswa  dan kedisiplinan siswa kepada peserta LDKS tahun pelajaran 2018/2019 yang berlangsung di SMP HT 2 Surabaya

Pelaksanaan LDKS  dipandu oleh para Pembina / guru/ instruktur dari kedua sekolah yang sudah berpengalaman, Mengawali pendalaman  materi keorganisasian siswa  oleh kepala sekolah SMP Hang Tuah 5 Sidoarjo Sumiyati, S.Pd di lanjutkan oleh Kepsek SMP Hang Tuah 2 Kusnan, S.Pd dengan materi  kedisiplinan siswa. Berbagai materi   juga  diberikan meliputi  PBB (peraturan baris berbaris),  cinta tanah air/ bela negara,  kemampuan siswa dalam kecakapan mental, mampu berbicara di depan orang banyak, mengeluarkan pendapat, hingga pemikiran mengenai seorang pemimpin yang bijaksana.

Selama  2 hari peserta berada di SMP hang Tuah 2 Surabaya, mereka  menginap di sekolah karena kegiatan malam haripun harus di lakukan. Tidak ketinggalan kegiatan religi/keagamaan juga di laksanakan karena merupakan fondasi untuk ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Baginyang beragama islam selalu dilaksanakan sholat wajib berjama’ah, kultum ( kuliah 7 menit). Tidak ketinngalan bagi yang beragama  Kristen  juga di laksanakan pendalaman iman yang dilaksanakan di kelas (dar).

 

 

Penulis : Ahmad Darowi

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.