PPP UNESA ’2014 DI SMK KAL-1 BERAKHIR
Sindhi Danar mahasiswa Teknik Mesin selaku ketua PPP angkatan 2014 menyerahkan cinderamata kepada Kepala SMK KAL-1 Surabaya Drs. Burhan ,M.Pd dalam sebuah acara penutupan Program Pengelolaan Pembelajaran tahun 2017

PPP UNESA ’2014 DI SMK KAL-1 BERAKHIR

DITULIS USER

Ahmad Darowi
Pendidikan 04 Sep 2017 WIB

Surabaya,(4/9)

            Program Pengelolaan  Pembelajaran  bagi Mahasiswa Unesa Angkatan 2014 berakhir (4/9) di Sekolah Menengah Kejuruan  ( SMK KAL-1 ) Surabaya dengan ditandai pemotongan tumpeng nasi kuning sebagai wujud syukur  atas berakhirnya kegiatan tersebut.

            Sebanyak 18 mahasiswa dari  empat Jurusan masing-masing jurusan Teknik Mesin  5 mahasiswa, jurusan PKn 4 mahasiswa, jurusan Teknik Elektro 5 mahasiswa dan jurusan Olah  Raga 4 mahasiswa.  Mereka selama tujuh minggu berada di SMK KAL 1 melaksanakan PPP dengan dosen pengawas  Rina Harimurti , S.Pd., M.Pd.

Selama melaksanakan kegiatan di sekolah para calon guru yang akan mengabdikan diri di bidang pendidikan tersebut telah menyatu dengan seluruh guru pamong  SMK KAL-1 selama melaksanakan  teori maupun praktek pembelajaran dalam maupun luar kelas, sehingga mereka memiliki kesempatan yang luas untuk saling tukar pikiran mengenai apa yang harus dikerjakan selama melaksanakan PPP.

            Menurut dosen pembibing yang  mendampingi mahasiswanya mengatakan bahwa perjalanan para mahasiswa untuk menjadi guru masih sangat panjang, mereka harus lulus dulu dari bangku kuliah, kemudian harus melaksanakan PPG ( Pendidikan Profesi Guru ), sertifikasi guru. Itulah syarat yang harus di penuhi untuk menjadi seorang Guru yang profesional.

 Sebagai pedoman bagi seorang guru adalah  Pasal 1 ayat (1) PP NO. 74/2008 tentang guru, yang menyatakan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada jalur pendidikan formal di tingkat pendidikan dasar dan menengah. Sejalan dengan pernyataan itu, seorang guru harus memiliki kompetensi yang diharapkan  dapat melaksanakan peran, tugas, dan fungsinya sebagai guru profesional, yaitu kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Kompetensi ini disiapkan melalui pendidikan akademik dan pendidikan profesi.

 

Kepala SMK KAL-1 Surabaya Drs. Burhan,.M.Pd  dalam kata sambutannya menilai bahwa  “seluruh mahasiswa yang  melaksanakan PPP kali ini sangat kooperatif dan menyatu dengan guru pamong dan siswanya ,  mereka terlihat  kekompakannya saat kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 . Kepsek juga membuka lebar-lebar bagi mahasiswa yang akan menyelesaikan skripsinya apabila membutuhkan data-data dari SMK KAL-1”.

Hadir dalam penutupan PPP  yang di laksanakan diruang rapat sekolah  para Wakil  Kepala Sekolah, para Kaprodi serta seluruh guru pamong yang menyatu bersama para mahasiswa (dar).

Penulis : Ahmad Darowi

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.