PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEMBARI KUNJUNGANI BENGKEL KODIKLATAL

PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEMBARI KUNJUNGANI BENGKEL KODIKLATAL

DITULIS USER

Ahmad Darowi
ngopiNEWS 18 Jul 2017 WIB

 

Surabaya,(17/7)

Sebanyak 271 siswa baru SMK KAL-1 Surabaya melaksanakan program Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS). Pembukaan kegiatan selama tiga hari mulai Senin (17/7) ditandai upacara di halaman sekolah kawasan Bumimoro. Kepala Sekolah SMK KAL-1 Surabaya Drs Burhan, Mpd tampil sebagai inspektur upacara.

''PLS kali ini sangat berbeda dengan orentasi siswa baru pada tahun-tahun sebelumnya,'' ungkap Burhan saat memberikan arahan. Penyelenggaraan PLS sebelumnya disebut masa orientasi siswa (MOS) atau masa orientasi peserta didik (MOPD).

 

Kegiatan sampai Rabu (19/7) bertujuan melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. Selain itu, siswa diperkenalkan lingkungan baru di sekolah. Seperti sesama siswa baru, kakak kelas, guru, hingga karyawan lain di sekolah itu. ''Pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dilaksanakan di lingkungan sekolah,'' terang Burhan.

RESMI: Kepala Sekolah SMK KAL-1 menyematkan tanda peserta PLS SMK KAL-1 tahun Pelajaran 2017/2018.

Selama upacara pembukaan berlangsung hikmat. Upacara diawali laporan komandan upacara siswa Satria Andika kelas XII. Kemudian, pemeriksaan pasukan, penyematan tanda peserta PLS, serta pembacaan amanat oleh inspektur upacara. Siswa baru sebelumnya melaksanakan praPLS untuk menanamkan disiplin.

 

Sejumlah materi PLS disampaikan para guru dan kakak kelas yang tergabung dalam Pengurus OSIS (organisasi siswa intra sekolah). Penyampaian materi di kelas maupun di luar kelas untuk pengenalan beberapa kopetensi orentasi. Seperti di bengkel-bengkel komplek Komando Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal).

Penulis : Ahmad Darowi

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.