MUSEUM “ LOKA JALA  CRANA “ MENJAJADI FAVORIT SISWA SMP HANG TUAH 5
Siswa-siswi SMP Hang Tuah 5 Sidoarjo dengan seksama mendengarkan penjelasan Serka Navigasi Sugeng tentang tata surya di angkasa raya yang dapat di lihat dari ruang Planetarium Museum

MUSEUM “ LOKA JALA CRANA “ MENJAJADI FAVORIT SISWA SMP HANG TUAH 5

DITULIS USER

Ahmad Darowi
Pendidikan 14 Feb 2018 WIB

Surabaya,(14/2)

106 Siswa-siswi  SMP Hang Tuah 5 Sidoarjo,(14/2) memadati ruang Planetarium Museum “ Loka Jala Crana” Akademi TNI Angkatan Laut Bumimoro Krembangan Surabaya, Di tempat ini seluruh siswa dapat  mengaplikasikan pengetahuan / teori yang didapat di bangku sekolah dengan peralatan planetarium yang  ada di   Museum  milik TNI Angkatan Laut .

Letkol Laut (KH) Suhendra selaku orang nomor wakhid di Museum “ Loka Jala Crana” selalu menekankan akan kebersihan lingkungan  yang Asri kepada anggotanya sehingga menjadikan kenyamanan bagi pengunjung yang semakin bertambah jumlahnya di setiap tahunnya.

Keberadaan Museum  yang sudah berdiri semenjak tahun 19 September 1969 ini selalu meng-update akan benda- benda bersejarah yang di miliki oleh TNI Angkatan Laut, sehingga kedepan dengan adanya Museum ini dapat menjadikan pemahaman kepada generasi muda akan adanya sejarah TNI Angkatan Laut, memiliki sekaligus dapat mengawal Lautan Nusantara dan menjadi pewaris bangsa Bahari .

SMP Hang Tuah 5 Sidoarjo  melaksanakan Kegiatan Tengah Semester (KTS) merupakan kegiatan tahunan, Kunjungan  di Museum “ Loka Jala Crana” juga selalu menjadi agenda  khusus, karena  sekolah di bawah Yayasan Hang Tuah memiliki  program yang    mengetrapkan  kurikulum kebaharian. Dengan adanya kunjungan ke Museum ini juga dapat menambah pengetahuan kebaharian sebagaimana di sampaikan oleh guide Peltu TTG Suparno dan Serka NAV Sugeng yang kesehariannya selalu memandu para pengunjung yang hadir di tempat ini.

Siswa-siswi SMP HT 5 sedang melihat dari dekat hasil karya kebaharian di Rumah Bahri SMA HT 1 Surabaya

KTS selanjutnya menuju SMA Hang Tuah 1 dimana di tempat ini siswa dapat mendapatkan ilmu pengetahuan yang bernuansa tentang kebaharian yang menjadi salah satu  program unggulan  di samping bebrapa film kebahrian yang siap putar bagi pengunjung.

Pada kunjungan berikutnya siswa bersama pendamping 5 guru ini   melanjutkan ke Koarmatim dengan sasaran di KRI Oswald Siahaan 354,  kapal  asal negeri kincir angin Belanda yang memperkuat Jajaran TNI Angkatan Laut di tahun 80- an. Di  KRI OWA -354 para siswa mendapatkan pengetahuan tentang kekuatan TNI AL, khususnya tugas dan tanggung jawab KRI sebagai pengawal Samudera. Ditempat terpisah/ di Monumen Patung Jalesveva Jaya Mahe di putarkan  Film tentang  Latihan Aramada Jaya TNI Angkatan Laut dimana  dalam film tersebut di suguhkan secara menarik kekuatan daya tempur Alut Sista terbaru yang dimiliki  TNI Angkatan Laut. Siswa juga dapat melihat dari dekat para prajurit dari Satuan Komando Pasukan Katak yang sedang mengadakan latihan renang dilaut, sehingga menambah wawasan akan TNI Angkatan Laut.

KRI Oswald Siahaan 354 sedang merapat di dermaga penjelajah Koaramatim mendapat kunjungan siswa-siswi SMP HT 5 Sidoarjo .

KTS kali ini di tutup dengan kunjungan ke  ( KBS) Kebun Binatang Surabaya  yang di mulai jam 14.30 hingga jam 16.00.  Seluruh siswa SMP Hang Tuah 5 Sidoarjo kelas  VII yang melaksanakan KTS di berikan tugas LKS/ lembar kerja siswa yang harus  segera di selesaikan , karena untuk melengkapi nilai  mata pelajaran Kebaharian ( Kunjungan di Museum, Rumbah Bahari di SMA Hang Tuah 1 dan di Koaramatim ) sedangkan mata pelajaran  IPA  di Kebun Binatang Surabaya (dar).

 

Penulis : Ahmad Darowi

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.