Menakar Prestasi Smk Kal-1 Di Hari Sumpah Pemuda

29 Oct 2018 14:03   Pendidikan
Menakar Prestasi Smk Kal-1 Di Hari Sumpah Pemuda
Kepala Sekolah SMK KAL-1 Surabaya saat menerima piala dari perwakilan siswa yang telah berhasil merebut juara di ajang Lomba Paskibra di SMA Antartika Sidoarjo

Surabaya,(29/10)

Dalam rangka memperingati 90 tahun Sumpah Pemuda, SMK KAL-1 Surabaya menggelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda   di selenggarakan ( 29 /10) di halaman sekolah di ikuti seluruh siswa, Guru dan Staf dengan Inspektur upacara Kepala Sekolah Drs Burhan ,MPd.

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda  sengaja diadakan pada 29 Oktober 2018  mundur satu hari karena tanggal 28 Oktober  2018 bertepatan hari Libur Sekolah, sehingga tidak mengurangi  tujuan untuk mengembalikan semangat kepemudaan Bangsa Indonesia di mana semakin maraknya isu intoleransi yang ada saat ini.

Rangkaian upacara berlangsung singkat, di awali Laporan komandan upacara  R. Arga siswa kelas XI TAV , dilanjutkan pemeriksaan pasukan oleh Irup, Pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh  Ilham Ramadhan siswa kelas XI TITL, Pembacaan Teks Pancasila dipimpin oleh Inspektur upacara, Pembacaan  Teks Konggres Pemuda oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan Drs Parman, MSi.

Perjuangan siswa-siswi SMK KAL-1 dalam kegiatan ekstrakurikuler adalah suatu aksi konkrit untuk membangun generasi muda Indonesia yang lebih aktif,  kreatif  dan  solutif untuk memberikan perubahan positif bagi Bangsa Indonesia, Hal tersebut sudah senada dengan tema  Peringatan  Hari Sumpah Pemuda “ BANGUN PEMUDA SATUKAN BANGSA” ujar Kepsek saat membacakan amanat Menpora  Dr. Imam Nahrawi, S.Ag., M.KP dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2018.

 Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik INdonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

 Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan   kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari hoax, hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabil kaum muda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara. 

Upacara peringatan hari Sumpah pemuda juga salah satu cara menciptakan siswa berkarakter sekaligus ajang memberikan apresisasi atas prestasi siswa yang telah di raih di beberaba kesempatan lomba , mereka terbukti berhasil dalam mengembangkan kemampuan berkreasi di  berbagai bidang . Prestasi siswa-siswi SMK KAL1 yang baru saja diraih pada bulan Oktober ini di tingkat Nasional adalah Juara   Pencak Silat Championship Nasional di Jakarta ( 20-21 Oktober). Siswa  Gala Bawari Asegaf kelas XI jurusa TITL keluar sebagai juara I  kelas 55-59 kg, sedangkan siswi Salsa Putri Wardhani  kelas XI jurursan TAV keluar sebagai juara III  kelas 59-63 kg.

Sedangkan kejuaraan lainnnya yang di torehkan oleh siswa SMK KAL 1  diraih oleh Ekstrakurikuler Paskibra dengan menyabet  gelar di 3 kejuaraan yang berbeda, antara lain keluar sebagai juara II Formasi di ajang lomba yang di selenggarakan di SMAN 21 Surabaya, Juara II Madya  yang di selenggarakan di SMAN I  Gresik serta keluar sebagai  Best Costume di SMA Anartika Sidoarjo.

 Di ekstrakurikuler Pramuka  juga tidak ketinggalan  mencatatkan diri sebagai juara II PBB yang di laksanakan di STKIP PGRI Sidoarjo,  Juara III Semapur, Juara III Malding Putri an Best Danton.

Seusai upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda , Kepala sekolah secara resmi menerima  seluruh piala hasil lomba yang di serahkan di depan seluruh peserta upacara, Kepala sekolah dalam kesempatan tersebut juga  memberikan apresisasi berupa pemberian dana pembinaan kepada seluruh siswanya yang telah berprestasi serta mengharumkan nama sekolah baik di tingkat Nasional maupun Daerah (dar).