MASJID “BAHRUL ILMI” PADATI JAMA’AH

MASJID “BAHRUL ILMI” PADATI JAMA’AH

DITULIS USER

Ahmad Darowi
ngopiNEWS 05 Aug 2017 WIB

             “ Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar, merekalah orang-orang yang beruntung”(QS. Ali Imron 104), itulah cuplikan surat Ali Imron yang menjadi kajian dari khotbah Jum’ah yang di sampaikan oleh Ustaz Abdul Wahab  di masjid  Bahrul Ilmi SMK KAL-1 Surabaya(4/8).

            Penyelenggaraan sholat Jum’ah berjama’ah selalu di adakan setiap hari Jum’at di sekolah yang berdomisili di Komando Pendidikan dan Latihan TNI AL ( Kodiklatal)  dihadiri seluruh guru, staf dan  siswa yang beragama Islam  dengan atusias mengikuti tauziah dengan khusuk. Siswa yang  mengiuti sholat Jum’ah adalah siswa yang jam pelajarannya sampai jam terakhir, karena ada beberapa kelas saat hari Jum’at sebelum pelaksanaan sholat Jum’at sudah pulang ( mereka  inilah memang jam pelajarnnya sudah selesai) sehingga tidak melaksanakan sholat Jum’at di sekolah.

             Dalam lingkup pendidikan khususnya di SMK KAL-1 dimana para pendidik, para guru yang mengajarkan kepada siswanya kebaikan dan mencegah yg munkar/ keburukan, maka merekalah termasuk golongan orang-orang yang beruntung.

 Keutamanan para guru dan pengajar di hadapan Allah sebagai mana di sabdakan oleh Rosulullah SAW, keutamaan para pendidik di bandingkan  sebagai mana di umpamakan keutamaan bulan  atas seluruh bintang yang ada di langit. Pada saat tidak ada bintang tidak ada bulan, langit akan kelihatan indah ketika ada bintang banyak, itu perumpamaan orang yang beribadah. Akan tetapi orang yang mau mengajarkan ilmunya dalam hal ini guru/ pendidik yang mengajarkan ilmunya kepada siswanya sebagaimana bulan  yang tampil pada seribu bintang, maka bintang itu tidak ada artinya, itulah perumpamaan orang-orang yang mau sharring/ membagi ilmunya.

            Penekanan sang ustadz kepada seluruh siswa SMK KAL-1 bahwa “  pada saat guru di sekolah ini memerintahkan akan  kebenaran , maka murid wajib hukumnya untuk taat kepada guru. Kesemuanya guru dan murid diharapkan dengan ikhlas melaksanakan ibadahnya sehingga kelak di kemudian hari kita akan beruntung sebagai mana Firman Allah yang akan mengangkat derajat orang-orang iman yang berilmu , orang orang yang belajar, orang-orang yang mengajar. (dar)

 

 

Penulis : Ahmad Darowi

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.