Kartinian Unik Ala SMK KAL-1 Surabaya

Kartinian Unik Ala SMK KAL-1 Surabaya

DITULIS USER

Ahmad Darowi
Ngopitainment 23 Apr 2017 WIB

Surabaya,(21/4) - R.A Kartini, beliau lahir pada tanggal 21 April tahun 1879 di Kota Jepara,  sebagai pahlawan  Nasional khususnya bagi kemajuan Wanita Indonesia sampai saat ini masih tiada taranya.  Kita sebagai generasi penerus bangsa sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kepahlawanan tersebut. Untuk itu  SMK KAL-1 melalui peringatan Hari Kartini tahun 2017 mengadakan  terobosan baru berupa  lomba fashion dan menghias nasi kuning .

Lomba Fashion dan menghias Nasi kuning  tersebut dilaksanakan di halaman SMK KAL-1  Jum’at,(21/4) se usai upacara peringatan Hari Kartini. Lomba fashion dan menghias nasi kuning ini tentunya sangat menarik bagi siswa-siwi SMK KAL-1 karena baru untuk pertama kali ini di laksanakan, Seluruh kelas wajib mengikuti lomba. Untuk lomba Fashion  di ikuti oleh Bapak Ibu Guru, Karyawan serta  siswa baik laki maupun perempuan.   Yang jadi unik dan menarik tentunya karena 3 tim penilai  terdiri dari Kepala Sekolah  sendiri  Drs. Burhan ,M.Pd ,  Pjs Waka Kesiswaan Ketut , S.Pd., M.M  dan  Guru  maple Fisika  Lely ,SP.d  yang sedikit banyak tahu fashion karena  pernah menggeluti dunia fashion .

                Diawali dengan upacara secara sederhana namun sangat meriah karena tradisi uopacara-uopacara yang di selenggarakan di SMK KAL semua petugas dari siswa biasanya laki-laki. Baru untuk kali ini di hari Kartini petugasnya semua siswi yang duduk di klas X dan XI.

Peserta upacara terdiri dari siswa kelas X semua jurusan dan  dua kelas XIm karena ada beberapa kelas uang sedang kerja praktek di luar. Bertindakmsel;aku Inspektur Upacara Kepala sekolah SMK KAL-1 Letkol Laut Drs. Burhan , M.Pd, sedangkan komandan upacara siswi Tri Wahyuni dari kelas X TAV.

                Irup saat tiba di mimbar langsung memberi salam kepada seluruh siswanya  dan di jawab dengan sangat kompak dengan yel-yel  khas SMK KAL-1. Sebelum menyampaikan beberapa pesan di hari  Kartini  Kepsek yang baru untuk pertama kali menjadi Irup di sekolahan ini, memimpin pembacaan teks Pancasia yang di ikuti oleh seluruh peserta Upacara termasuk seluruh Wakasek,  bapak Ibu Guru dan karyawan.

                Yang lebih menbanggakan selaku Kepala Sekolah yang baru tentu saja melihat akan keberhasilaan siswa-siswanya dalam mengikuti berbagai lomba  ekstrakurikuler yang sempat mengaharumkan nama SMK KAL -1 khususnya di Surabaya dan Jawa Timur.

Tim dayung SMK KAL-1 yang baru-baru ini meraih prestasi memembanggakan, keluar sebagai juara  2  Race 400 meter kelompok umum yang mana dalam kejuaraan ini di ikuti oleh pelajar, mahasiswa, polisi/ polairut,  namun dengan keyakinan yang kuat  dan semangat yang tinggi  Tim dayung SMK KAL -1 bisa meraih prestasi terbaiknya. Juga beberapa bulan sebelumnya sempat meraih juara 2 di lomba  yang di selenggarakan oleh KONI Jawa Timur.

Ada satu lagi prestasi yang di ukir oleh SMK KAL-1,  Tim Paskibra  PASKAL-1  di awal bulan ini menorehkan sejarah dengan menggondol Juara Umum di kejuaraan  Paskibra yang di adakan oleh LKBB Barakuda 2017 Universitas Hang Tuah Surabaya, juga terpilih sebagai Dan Ton terbaik, Yel-yel terbaik , Tenu terbaik dan masih banyak prestasi  yang tidak bisa di sebut satu persatu.

Pada kesempatan ini seluruh Piala yang di dapat ioleh siswa, baik Tim Dayung maupun Paskibra diserahkan kepada Kepala sekolah .  Tidak ketinggalan Kepala sekolahpun memberi apresiasi kepada siswa yang telah mengharumkan SMK KAL-1 dengan  memberikan piagam penghargaan yang di terimakan saat berlangsungnya upacara Hari Kartini 2017 .

Kepala sekolah dalam penekanannya kepada seluruh peserta upacara hari Kartini untuk nemeruskan  cita-cita luhur  R.A Kartini adalah ia ingin melihat perempuan pribumi dapat menuntut ilmu dan belajar seperti sekarang ini. Gagasan-gagasan baru mengenai emansipasi atau persamaan hak wanita pribumi olah Kartini, dianggap sebagai hal baru yang dapat merubah pandangan masyarakat. Selain itu, tulisan-tulisan Kartini juga berisi tentang  makna Ketuhanan, Kebijaksanaan dan Keindahan, peri kemanusiaan dan juga Nasionalisme.

Kepada seluruh siswa di harapkan untuk dapat mempertahankann prestasi yang telah diraih, tinggikan mimpimu, cita-citamu, lalu belajar dan berlatih sehingga impian dan cita-cita bias dirah.

Sebagai penutup amanatnya sang Komandan SMK KAL-1 menyampaikan  kata indah sebagai berikur:

 

Wanita Hebat, bukan karena Cantik, bukan karena kaya, bukan karena pintar. Wanita Hebat adalah : wanita yang mampu terus berdiri menyelesaikan masalahmnya, wanita yang mampu melukis kekuatan melalui  proses kehidupan, bersabar disaat tertekan, tersenyum  disaat menangis, diam saat terhina dan mempesona karena selalu memaafkan. (drw)

Penulis : Ahmad Darowi

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.