Hut Kemerdekaan Ri, Smk Kal-1 Gelar “tav Cyber Cup”
Lomba Soccer Robot yang dilaksanakan di SMK KAL-1 Surabaya dalam menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-73

Hut Kemerdekaan Ri, Smk Kal-1 Gelar “tav Cyber Cup”

DITULIS USER

Ahmad Darowi
Pendidikan 16 Aug 2018 WIB

Surabaya,(16/8)

                Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke - 73 untuk yang pertama kali Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut SMK KAL-1 Surabaya  Kamis,(16/) menggelar turnamen Sepakbola Robot ( SOCCER ROBOT) untuk kelas XI dan XII ,  Line Follower untuk kelas X jurusan Teknik Audio Video.        Soccer robot di ikuti 15 tim masing-masing tim terdiri dari 2 robot/ dua siswa dan Line follower  dengan peserta 20 robot.

                Kegiatan ini di kalangan siswa TAV lebih dikenal dengan sebutan  “TAV CYBER CUP”  merupakan ide dari seluruh guru Kompetensi / keahlian Teknik Audio Video yang di pimpin langsung oleh Kaprodi TAV Karno Setyo Budi, S.Pd., M.M.

                Tujuan diselenggarakan  Tav Cyber Cup  ini tentunya untuk menumbuhkan inovasi siswa dan mengembangkan teknologi  yang mereka dapat di bangku sekolah, dengan demikian siswa dapat berkarya secara nyata yang di aplikasikan dari pelajaran elektronika dengan menjadikan robot sebagai temanya .

                Kepala Sekolah SMK KAL-1 Drs Burhan, M.Pd memberi support dan apresiasi yang tinggi atas terlaksananya kegiatan ini, segenap managemen sekolah  merasa bangga atas karya siswanya yang merupakan peningkatan hasil  kompetensi /  keahlian  TAV.

Choirul Fatah  kelas XI TAV salah satu peserta lomba soccer robot yang menjadi  Best Desain  merinci bahwa robot yang mereka desain terdiri dari beberapa komponen , antara lain, motor DC, Push button, baterai, relay 5 volt, transistor, resistor, diode, roda, akrilik, kabel  . Setelah di rangkai robot ini bisa di kendalikan secara manual dengan menggunakan remote yang tersambung langsung dengan robot, Robot menggunakan IC sebagai komponen utama yang mampu menggerakkan roda baik secara  maju, mundur, belok ke kanan/kiri, serta memiliki  kecepatan yang bergantung kepada kualitas motor penggerak dan desain robot.

Dari hasil lomba tersebut keluar sebagai juara  pertama Soccer Robot  dari kelas XII TAV atas nama Yocky dan Fakhan dan juara  ke dua di raih kelas XI TAV atas nama  Helmy dan Heriyanto. Sementara lomba Line Follower keluar  sebagai juara pertama Adam dan Edo Fernando dan juara ke dua  M. Syarig. S dan  Rendy Adam .W semua dari kelas X TAV.

Pada hari yang sama sebelum Soccer robot dan Line Follower dimulai, telah dilaksanakan Jalan sehat bagi seluruh siswa kelas X,XI dan XII dan diikuti pula oleh seluruh guru dan karyawan SMK KAL-1 yang secara simbolis di lepas keberangkatannya oleh Waka Kurikulum Munawar,S.Pd  mewakili Kepsek  yang tidak bisa hadir karena  tugas di Kodiklatal yang tidak bisa di tinggalkan.

Tidak ketinggalan kegiatan Osis dalam menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI Ke-73 kali ini juga menggelar beberapa lomba yang sdh di laksanakan dihari sebelumnya . Salah satunya adalah Lomba Futsal antar Kompetensi/ keahlian. Keluar sebagai juara pertama futsal  dari XI TKR ( Teknik Kendaraan Ringan), Juara ke dua X TKR, Juara ke tiga XII TKR dan sebagai juara harapan  dari X TAV.

Kegiatan yang juga menarik adalah lomba kebersihan antar kelas, dari kelas X, XI dan XII ( 21 Kelas) bersaing / lomba secara sehat kebersihan lingkungan kelas dengan hasil juara pertama kels XII TKR c, juara ke dua XII TKR b dan juara ke tiga  kelas XII TPM.

Ketua Penyelenggara kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke-73,  I Ketut Pastika ,S.Pd. M.M  bersama pengurus Osis menyediakan berbagai door price untuk kegiatan jalan sehat .(dar) 

Penulis : Ahmad Darowi

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.