GURU PROFESIONAL MENJADI TUNTUTAN DI ZAMAN “NOW”
Pengawas Cabang Dinas Kota Surabaya Drs. Sugiyono,MM saat memberi pencerahan kepada guru-guru SMK KAL-1 Surabaya

GURU PROFESIONAL MENJADI TUNTUTAN DI ZAMAN “NOW”

DITULIS USER

Ahmad Darowi
Pendidikan 25 Jan 2018 WIB

Surabaya,(24/1)

            Sebuah kepercayaan masyarakat khususnya orang tua yang menyekolahkan anak di  sekolah tentu memiliki tujuan dan harapan agar anaknya kelak akan menjadi orang yang sukses dalam kariernya, inilah yang menjadi pekerjaan rumah bagi seorang guru untuk menjawab tantangan tersebut. “Guru menjadi ujung  tombak terdepan dalam peningkatan mutu pendidikan bagi seluruh peserta didiknya, untuk itu  sudah menjadi tututan bahwa sorang guru harus profesonal di zaman sekarang ini”, demikian sekilas apa yang di sampaikan oleh Pengawas Cabang Dinas Kota Surabaya  Drs. Sugiyono,MM di hadapan Kepala SMK KAL-1 beserta jajarannya yang berlangsung di Ruang RPS (24/1).

Kehadiran Pengawas Cabang Dinas Kota Surabaya  ke SMK KAL-1  disambut oleh Kepala Sekolah Drs. Burhan, M.Pd beserta managemen  dan seluruh guru tetap, merupakan sebuah kehormatan bagi sekolah, karena  dari puluhan SMK Negeri maupun swasta tidak semuanya mendapat perhatian khusus dari pengawas tersebut.

 Dalam kesempatan tersebut selaku pengawas tentunnya ingin mengetahui sejauh mana perkembangan SMK KAL-1, khususnya  kondisi guru-gurunya dalam melaksanakan tugas sehari-hari .Satu persatu para guru mendapat beberapa pertanyaan yang menyangkut proses pembelajaran, mulai dari menyiapkan perangkat ( silabus, rpp,prota, promes).  

Para guru SMK KAL_1 mengikuti pencerahan yang di sampaikan oleh Pengawas Cabang Dinas Kota Surabaya

Diakhir pencerahannya Pengawas menyampaikan bahwa untuk  menjadi guru yang profesional dibutuhkan 4 kopetensi meliputi kopetensi pedogogik,kepribadian,social dan profesional yang dapat di artikan bahwa  seorang guru harus mengenal peserta didiknya , penguasaan bidang studi baik desiplin ilmu maupun bahan ajar dalam kurikulum sekolah, penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik yang meliputi perencanaan dan pelaksanaan evaluasi proses  dan hasil belajar, serta tindak lanjut untuk perbaikan dan pengayaan dan pengembangan kepribadian serta profesionalitas secara berkelanjutan(dar).  

 

 

Penulis : Ahmad Darowi

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.