DISNAKER DAN UNAIR LAKSANAKAN BIMTEK PENGEMBANGAN SOFTSKILL DAN  TES MINAT BAKAT SMK KAL-1 SURABAYA

DISNAKER DAN UNAIR LAKSANAKAN BIMTEK PENGEMBANGAN SOFTSKILL DAN TES MINAT BAKAT SMK KAL-1 SURABAYA

DITULIS USER

Ahmad Darowi
ngopiNEWS 09 Aug 2017 WIB

Surabaya,(9/8)

            Menyongsong  era globalisasi dalam ketenagakerjaan yang sangat komplek, Sekolah Menengah Kejuruan SMK KAL-1 Surabaya Rabu,(9/8) melaksanakan  Bimbingan Teknis/ Bimtek Pengembangan Softskill dan Tes Minat Bakat  bagi 168  siswa-siswi  kelas XI semua jurusan.

            Penyelenggaraan tes di SMK KAL-1 tersebut berlangsung atas kerjasama antara Dinas Ketenaga  Kerja (Disnaker) Kota Surabaya dan Universitas Airlangga Surabaya  selama 1 hari mulai jam 08.00 hingga 13.00 bertempat di kelas jurusan masing-masing. Tes sejenis juga telah di laksanakan di beberapa SMK Negeri yang berada di Kota Pahlawan dengan sasaran 1000 siswa,  beaya penyelenggaraan tes per siswa diperkirakan  Rp.350.000,- di bebankan kepada APBD  Kota Surabaya.

           

Ketua Penyelenggara  Yuni  Cahyawati, Amd kesehariannya selaku Kepala Seksi Penempatan Tenaga kerja Dinas Tenaga Kerja Kota Surabaya  saat berkunjung ke sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya ini berkesempatan meninjau dari dekat pelaksanaan tes  yang sedang berlangsung  di dampingi Kepala Sekolah  SMK KAL-1 Drs Burhan, M.Pd bersama staf.

            Para Psykolog  Unair  berjumlah  9  masuk kelas XI yang  terbagi menjadi  beberapa Kopetensi Keahlian  antara lain Kopetensi Tenknik Kendaraan Ringan (TKR), Kopetensi Teknik Pemesinan (TPM),  Kopetensi Tenik Instalasi Tenaga Listrik(TITL) dan  Kopetensi Teknik  Audio Vedio(TAV) .

 

            Sasaran dari pelaksanaan Bimtek Pengembangan Softskill dan Tes Minat Bakat  menurut Ketua Penyelenggara  dari Disnaker dan  Ketua dari Tim Psikologi Unair Rudi Cahyono M adalah  untuk mengetahui kemampuan akademis , minat dan bakat siswa guna mempersiapkan diri menyongsong masa depan  dalam membangun prestasi, menentukan karier profesional yang siap pakai.

Rangkaian Tes minat dan bakat akan berlangsung dalam dua tahap, tahap pertama tes tulis yang di selanggarakan pagi ini, kemudian selang satu bulan setelah mengetahui hasil tes tulis akan di laksanakan konseling kepada masing-masing siswa oleh Psikolog Unair dan akan  mendapatkan suntikan pengetahuan  dari Motifator  yang sengaja di datangkan di SMK KAL-1 untuk memberikan pencerahan siswa adalam meraih  masa depan dan cita-cita yang menjadi harapan mereka.

            SMK KAL-1  Surabayai ini mendapatkan kepercayaan untuk menjadi salah satu dari 10 SMK Negeri/ Swasta yang menjadi sasaran  Bimtek Pengembangan  Softskill dan Tes Minat Bakat karena sekolah ini sudah terdaftar  di BKK ( Bursa Kerja  Khusus)  Disnaker Kota Surabaya.

 

Penyelenggaraan Bimtek Pengembangan Softskill dan Tes Minat Bakat  menurut ketua panitia akan menjadi agenda setiap tahun dan akan di gilir ke sekolah-sekolah Menengah Kejuruan SMK Negeri dan Swsta yang terdaftr di BKK Disnaker Kota Surabaya yang belum pernah melaksanakan program ini. (dar) 

Penulis : Ahmad Darowi

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.