CIPTAKAN ALAT PENDETEKSI BANJIR, SMK KAL-1 RAIH  JUARA                                             DI  AIRLANGGA  INNOVATION  TECHNOLOGY COMPETITION
Peserta Lomba dari SMK KAL-1 Surabaya saat menerima Piala setelah keluar sebagai Juara ke dua Lomba Innovation Technology Competition 2017 diberikan oleh Supadi, S.Si., M.Si dari Unair.

CIPTAKAN ALAT PENDETEKSI BANJIR, SMK KAL-1 RAIH JUARA DI AIRLANGGA INNOVATION TECHNOLOGY COMPETITION

DITULIS USER

Ahmad Darowi
Teknologi dan Inovasi 29 Oct 2017 WIB

Surabaya,(29/10)

                Sekolah Menengah Kejuruan  ( SMK KAL-1) Surabaya, Sabtu (28/10) bertempat di Hall  Fakultas Vokasi Universitas Airlangga Surabaya berhasil merebut Juara ke-2 dalam rangka mengikuti Lomba Innovation Technology  Competition 2017 dengan Alat Pendeteksi Banjir yang  mereka ciptakan.

Grand Final dilakukan satu hari,  tangga 28 oktober 2017 di Airlangga Hall Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Jika di hitung dari sejak penyeleksian abstrak, lama lomba  selama 2 bulan. Peserta yang berhasil di himpun oleh panitia kurang lebih 100 Tim , dan setelah di lakukan seleksi tahap awal berhasil di simpulkan 10 tim yang berhak maju ke  gand final.

Kesepuluh peserta Grand Final terdiri dari  SMA N 2 Nganjuk  dengan  ( Yoghurt  sari), SMK KAL-1 Surabaya  ( Alat Pendeteksian Banjir), SMK KAL-1 Surabaya ( Alat Sortir Bumbu Mie), SMKN 1 Lamongan dengan ( Water Pocarove), SMK KAL-1 Surabaya  dengan  ( Smart Water  and controler Tie Use), SMAN 1 Talun dengan ( Minipirate –Gen), SMKN 1 Lamongan  dengan ( Katalisator  Trembesi), SMKN1 Driyorejo dengan ( Kursi Rida Eletrik ) dan SMAN 1 Manyar dengan ( Smart Home).

 Dari sepuluh peserta Grand Final tersebut SMK KAL-1 Surabaya berhasil terpilih 3 peserta yang tampil, namun yang berhasil  keluar sebagai juara adalah  tim yang menyuguhkan  Alat  Pendeteksian Banjir sebagai karyanya ,mereka inilah pahlawan teknologi dari SMK KAL 1 , terdiri  dari Novi Kristanti, M. Hendro Setiawan dan Ageng Wicaksono kesemuanya siswa kelas XII Jurusan Teknologi Vedio Audio.  

Tiga Siswa-sisw i SMK KAL-1 yang terdiri dari terdiri  dari Novi Kristanti, M. Hendro Setiawan dan Ageng Wicaksono kesemuanya siswa kelas XII Jurusan Teknologi Vedio Audio saat keluar sebagai juara ke dua di   Innovation Technology Competition 2017.

Pelaksanaan Grand Final ke tiga siswa SMK KAL 1 dengan penuh percaya diri tampil di hadapan 3 Yuri yang terdiri dari 2 Dosen dan 1 Mahasiswa memaparkan hasil karyanya  secara detail.  Sebelum dipaparkan seluruh komponen yang  di rangkai dalam  Proses Pembuatan Alat Pendeteksian Banjir  tersebut terdiri dari  bahan  :  Board arduino promini, Mp3 player, Loudspeaker mini,  batterai 3,7 V,  Seven segment dan sensor ultrasonik. 

 Salah satu  siswa SMK KAL-1 Surabaya  tampil menyampaikan proses kerjanya alat yang mereka ciptakan,  “Alat pendeteksi banjir akan  mendeteksi  ketinggian air  yang di lakukan melalui sensor ultrasonik, kemudian  sensor ultrasonik  akan mengirim data  pada arduino.  Setelah  itu arduino akan  melakukan eksekusi program  untuk mengeluarkan data  pada seven segment untuk  display secara visual ketinggian air ( cm) . Secara audio, loadspeaker akan berbunyi sesuai dengan ketinggian air yang terukur tersebut” . Demikian  akunya.

 Tim SMK KAL-1 yang terdiri dari siswa-siswi kelas XII TAV  selama dalam persiapan sebelum terjun di arena  Innovation Teknology  Competition 2017 telah mendapatkan bimbingan dari Kepala Program  Teknologi Vedio Audio  Karno Setyobudi, S.Pd., M.M, serta beberapa guru yang kesehariannya  mendampingi proses belajar mengajar  baik teori maupun praktek antara lain Dicky Mahesa Putra, S.Pd,  Dadang Setyono, S.P.d, Fendi Ahmad, S.Pd., M.Pd serta Hadi Suyanto, S.T. Mereka inilah yang telah menggembleng  sehingga siswanya berhasil meraih prestasi terbaiknya.

Tim yang kompak, mereka para guru SMK KAL-01  selalu  mendampingi siswanya di setiap saat, tidak hanya di kelas, di ajang lombapun mereka dengan tekun mendampingi sekaligus memberi semangat.

 Dari panitia Innovation Technology  Competition 2017  Universitas Airlangga Surabaya, Ridlo dan  Vida dalam keterangannya menyebutkan bahwa ajang lomba ini akan bergulir setiap tahun.  Dan pada kesempatan kali ini keluar sebagai juara pertama SMAN 1 TALUN (trphy, piagam, uang 1.5juta), juara ke dua SMK KAL 1 Surabaya (trophy, piagam, uang 1juta), best presentation SMKN 1 Driyorejo (trophy, piagam, uang 500rb). Kepada masing -masing pemenang Juara pertama diberikan oleh Dr. Riries  Rulaningtyas, ST., MT,  Juara  ke dua  diberikan oleh Supadi, S.Si., M.Si dan Best presentation diberikan oleh Aishatul Ma’rifah, A.Md (dar).

Penulis : Ahmad Darowi

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.