BALI SEBAGAI WISATA TRADISI SMP HANG TUAH 5 SIDOARJO

BALI SEBAGAI WISATA TRADISI SMP HANG TUAH 5 SIDOARJO

DITULIS USER

Ahmad Darowi
ngopiNEWS 12 May 2017 WIB

Denpasar, (12/5) - Detik-detik menjelang berakhirnya masa sekolah khususnya bagi kelas IX di tingkat SMP  saat ini hampir berakhir. Ini di tandai dengan adanya  setiap sekolah mengadakan wisata sebagai ungkapan kegembiraan setelah mennyelesaikan Unas yang berakhir beberapa hari Lalu.

SMP Hang Tuah 5 Sidoarjo yang berdomisili di Perumahan TNI AL Jalagriya Candi Sidoarjo memiliki tradisi unik dimana   setiap tahunnya  selalu  mengadakan perpisahan denga para bapak/Ibu guru walinya dengan melaksanakan wisata yang sudah menjadi tradisi, Wisata ke Pulau Dewata Bali yang merupakan kebangganan seluruh siswa-siswi sekolah yang di bawah naungan Yayasan HangTuah Cabang Surabaya ini.

Tidak kurang dari 217 siswa  dan 11 guru pendamping mulai (11-13) Mei  berada di kota Bali untuk  melihat dari dekat  kota Wisata yang sudah mendunia ini. Selama di Pulau Dewata mereka akan mengunjungi tempat-tempat wisata antara lain,  Pantai Sanur, BCC ( Bali Culture Centre), Pantai Pandawa, Pantai Kute serta beberapa tempat  oleh-oleh khas kota Bali. Selama di Bali  seluruh  siswa dan Guru pendamping menginap di hotel Amaris Lebak Bene Kute Bali. 

SMP Hang Tuah 5 kini telah berusia  13 tahun, sejak berdiri di tahun 2004 telah memluluskan ribuan siswa, hingga saat ini sudah 11 angkatan mereka didik. Hingga 2017 sekolah ini telah melaksanakann pergantian 4 kali kepala sekolah. Namun kebijakan  kepala sekolah selalu sama  dalam hal wisata bagi  peserta didik yang berada di kelas IX, selalu dan selalu melaksanakan wisata ke Bali yang sudah menjadi tradisi dan selalu menjadikan hal yang menarik bagi adik-adik kelasnya.

Menurut ketua rombongan wisata Bali 2017 Lukmanul Hakim,S.Pd dengan adanya wisata kali ini seluruh opeserta didik disamping memiliki kenagan yang indah di saat-saat akhir dalam menempuh pendidikan di SMP HT5, juga di harapkan mampu membaca keindahan alam Indonesia sehingga semakin  tertanam rasa memiliki tanah air, bangga dengan negerinya sendiri, bangga denga budaya lokalnya.

 

Dengan melihat dari dekat beberapa pantai di Pulau Bali, siswa-siswi SMP Hang Tuah 5 Sidoarjo  yang kesehariannya juga mendapat pelajaran Kebaharian, di harapkan juga mampu menterjemahkan pelajaran kebaharian dalam kehidupannya, dimana masyarakat kota Bali dengan keaneka ragaman budayanya, mereka juga banyak yang berkarya  dengan mengembangkan hasil budi daya laut untuk kehidupan sehari-hari. Banyak juga hasil kerajinan tangan yang di jual belikan di kota wisata ini, bahkan sangat menarik bagi wisatawan asing maupun local. (drw)

Penulis : Ahmad Darowi

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.