275 PRAMUKA PERKUAT GUDEP 19.275 – 19.276 SMK KAL-1 SURABAYA
Pemasangan tanda peserta Tamu Ambalan Yos Sudarso dan M.C Tiahahu Gudep 19.275-19.276 SMK KAL-1 Surabaya

275 PRAMUKA PERKUAT GUDEP 19.275 – 19.276 SMK KAL-1 SURABAYA

DITULIS USER

Ahmad Darowi
Pendidikan 29 Sep 2017 WIB

Surabaya,(29/9)

                Prosesi penerimaan Tamu Ambalan Yos Sudarso dan M.C Tiahahu tahun 2017 Gugus Depan 19.275-19.276 berlangsung singkat, sederhana namun hikmat berlangsung di halaman Sekolah SMK KAL-1 Surabaya dengan   Pembina Upacara Ka Mabigus Drs Burhan, M.Pd yang  karena sesuatu hal tidak bisa membuka secara langsung, oleh karena itu selaku penggantinya di tunjuk Mabigus Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan  Drs Parman ,M.M bertindak selaku Inspektur Upacara.

                Gugus Depan 19.275-19.276 SMK KAL-1 Surabaya hingga kini sudah berumur  34 tahun, dimana berdiri sejak   18 Desember 1983. Kala itu nama sekolah belum menjadi SMK KAL-1 namun masih STMC AL, sebuah sebutan sekolah kejuruan yang ternama di kota Surabaya, memiliki tingkat kedesiplinan  yang tinggi dalam kesehariannya seperti desiplinnya ala militer.

                Mabigus dalam amanatnya menyampaikan bahwa para anggota pramuka yang tergabung dalam Gudep di SMK KAL-1  memiliki banyak kesempatan untuk belajar menjadi calon pemimpin di masa mendatang. Karena di dalam kepramukaan  terdapat proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, dan bangsa Indonesia.

Penyampaian materi tali temali kepada  warga baru gudep SMK KAL-1 Surabaya

                Penggodokan 275 anggota pramuka warga  Gudep  SMK KAL-1 berlangsung selama dua hari, dimulai Jum’at (29/9) hingga Sabtu (30/9) berlangsung di Lingkungan Sekolah dengan pemberian beberapa materi mulai dari  Regristasi, pengecekan kelengkapan , Upacara pembukaan , materi tali temali, kepemimpinan,  Api unggun, pentas seni, Jerit malam, Olah raga serta pembersihan lingkungan sekolah dengan pembina I. Ketut Pastika, S.Pd.,M.M dan Dina Chrismayanti, S.Pd.

                Dengan keterbatasan waktu yang hanya dua hari, tentu beberapa materi pramuka tidak bisa di sampaiakan secara maksimal, namun karena pramuka merupakan ekstrsa wajib, maka segala materi yang belum bisa di sampaikan dalam kegiatan ini akan di sampaikan pada hari-hari berlangsungnya ekstra kurikuler pramuka yang biasanya berlangsung di hari Sabtu pagi.(dar).

Penulis : Ahmad Darowi

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.