BIMTEK PENGEMBANGAN   SOFTSKILL DATANGKAN MOTIFATOR
Kepala SMK KAL-1 Drs. Burhan ,M.Pd di dampingi Wakil Kepala Sekolah bidang Humas Agus Kristanto,S.T dan Ketua Penyelenggara Yuni Cahyawati, Amd dari Dinas tenaga Kerja kota Surabaya saat pelaksanaan Bimtek Softskill dan Tes Minat Bakat Disnaker

BIMTEK PENGEMBANGAN SOFTSKILL DATANGKAN MOTIFATOR

DITULIS USER

Ahmad Darowi
Pendidikan 26 Oct 2017 WIB

Surabaya,(25/10).

“ Kurikulum Vitae menentukan  posisi layak tidaknya  mendapatkan kesempatan lapangan kerja,  pelamar memiliki  potensi lebih dari yang lain,  pengalaman berorganisasi dan   memiliki pengalaman kerja” demikian salah satu materi  yang di angkat secara khusus oleh motifator Puspo Nuraini Tri Rahayu, S.Psi,. M.M   dari DinasTenaga Kerja dan Transmigrasi Propinsi Jawa Timur yang di sampaikan di depan siswa-siswi SMK KAL 1 Surabaya, Rabu (26/10) di Ruang Rapat sekolah.

                Dalam kesempatan tersebut juga di kupas secara panjang lebar  bagaimana caranya menghadapi tes wawancara, langkah perencanaan kerja, pengetahuan pekerjaan, membuat surat lamaran dan macam-macam seleksi dan tips menghadapi seleksi dan masih banyak lagi  materi yang kesemuanya di sampaikan secara interaktif dengan siswa.

 Sasaran dari Pengembangan pelaksanaan Bimtek Softskill dan Tes Minat Bakat  menurut Ketua Penyelenggara  dari  Disnaker   Yuni  Cahyawati, Amd yang  kesehariannya selaku Kepala Seksi Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Kota Surabaya  dan Tim Psikologi dari Unair adalah  untuk mengetahui kemampuan akademis , minat dan bakat siswa guna mempersiapkan diri menyongsong masa depan  dalam membangun prestasi, menentukan karier profesional yang siap pakai.

Pelaksanaan Yel-yel  SMK KAL-1 yang di pimpin oleh salah satu anggota Paskib  membakar semangat mereka  dalam mengikuti Bimtek Softskill dan tes Minat dan Bakat

Rangkaian Tes minat dan bakat akan berlangsung dalam dua tahap, tahap pertama tes tulis yang telah di selenggarakan 9 Agustus lalu, kemudian selang satu bulan setelah mengetahui hasil tes tulis  di laksanakan konseling kepada masing-masing siswa oleh Psikolog Unair dimana sebelumnya telah  mendapatkan suntikan pengetahuan  dari Motifator  yang sengaja di datangkan di SMK KAL-1 untuk memberikan pencerahan siswa dalam rangka  meraih  masa depan dan cita-cita yang menjadi harapannya.

 Kepala SMK KAL-1 Drs. Burhan, M.Pd  pada kesempatan sebelumnya menyampaikan  pengarahan kepada siswanya agar mengikuti kegiatan ini dengan seksama, karena sekolah ini mendapat kepercayaan menjadi  salah satu dari beberapa sekolah yang di percaya untuk melaksanakan kegiatan Bimtek  Pengembangan Softskill dan Tes Minat Bakat  oleh Disnaker yang tidak di pungut biaya sepeserpun. Perlu di ingat kegiatan sejenis ini kalau siswa secara pribadi melaksanakan di luar membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Suasana  konselling  siswa-siswi SMK KAL-1 Surabaya dengan Tim Psikologi Unair , pelaksanaan konselling secara bergilir masing-masing  lima siswa secara bersamaan.

Tim Psikologi Unair terdiri dari  lima orang, masing masing  Dina Nastiti, M.Psi, Asy N. Rahmawati, M.Psi, Dian Permatasari,M.Psi, Debora Natalia,M.Psi serta Dian Rahmawati,M.Psi di bantu  tiga Asesor  Wanadya, Ratu Ayu Safira dan Rendi Bagus Himawan. Tim inilah yang menangani langsung siswa-siswi SMK KAL 1  untuk mengetahui kemampuan akademis , minat dan bakat siswa guna mempersiapkan diri menyongsong masa depan  dalam membangun prestasi, menentukan karier profesional yang siap pakai, mereka di panggil satu persatu untuk melaksanakan konselling dan memberikan  kesimpulan dari hasil tes minat dan bakat secara profesional.

 Pelaksanaan tes tersebut sesuai dengan jumlah yang telah di laksanakan satu bulan lalu, 168 siswa-siswi kelas XI semua jurusan ( Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Pemesinan, Teknik Instalasi Tenaga Listrik dan Teknik Vedio Audio ) di mulai pada jam 09.00 hingga jam 14.00 selama dua hari Rabu dan Kamis 25-26 Oktober 2017 (dar).

Penulis : Ahmad Darowi

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.