SMP HANG TUAH 5 SIDOARJO SEMBELIH HEWAN QURBAN
Penyembelihan hewan qurban di SMP Hang Tuah 5 Sidoarjo dilaksanakan Jum'at(1/9) di halaman sekolah disaksikan beberapa siswa Osis

SMP HANG TUAH 5 SIDOARJO SEMBELIH HEWAN QURBAN

DITULIS USER

Ahmad Darowi
Pendidikan 01 Sep 2017 WIB

Sidoarjo,(1/9)

            Sekolah Menengah Pertama SMP Hang Tuah 5 Sidoarjo yang berlokasi di Perumahan TNI AL Jalagriya Blok B XVI/8 Sidoarjo, Jumat (1/9) melaksanakan penyembelihan hewan Qurban se usai pelaksanaan sholat ‘Idul Adha 1438 H.           Pelaksanaan penyembelihan hewan qurban yang terdiri dari 2 ekor sapi merupakan hasil patungan dari beberapa Guru serta hasil pengumpulan sumbangan dari  siswa SMP Hang Tuah yang beragama Islam.

            Bagi siswa penyembelihan hewan qurban ini merupakan proses pembelajaran  dalam melaksanakan tuntunan agama Islam, sehingga kelak apabila sudah dewasa dan mampu akan melaksanakan qurban sesuai dengan kemampuannya.

Hikmah berqurban yang di kutib dari Hadits zaid ibn Arqam, Ia berkata: “Wahai Rasulullah SAW, apakah qurban itu?”, Rasulullah menjawab: “Qurban adalah sunahnya Bapak kalian, nabi Ibrahim as.” Mereka menjawab: “Apa keutamaan yang kami peroleh dengan Qurban itu?” Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai rambutnya adalah satu kebaikan.” Mereka menjawab: “Bagaimana dengan bulu-bulunya?” Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan.” (HR. Ahmad dan Ibn Majah).

            SMP HT 5 setiap tahunnya selalu mengadakan penyembelihan hewan qurban, daging dari hewan tersebut kemudian di bagikan kepada sebagian siswa dan guru serta warga di sekitar sekolahan, meski hanya terbilang sedikit namun yang penting  daging qurban bisa  menjalin silaturohim dengan warga dan bisa memepererat ukhuwah islamiyah.   

Sebelum penyembelihan hewan qurban di halaman sekolah ini dipenuhi  1.200 warga sekitar untuk melaksanakan sholat  ‘Idul Adha dengan Iman dan Khotib Drs. Burhanudin dari Sidoarjo. Tidak hanya saat ‘Idul Adha, hari raya ‘Idul Fitri  warga sekitar juga melaksanakan sholat di tempat ini.      Halaman sekolah memang tergolong cukup luas, mampu untuk 1.500 jama'ah.

            Pada kesempatan kali ini Panitia Hari Besar Islam KompleK TNI AL Kedungkendo juga mengumumkan bahwa musholla Al-Jihat yang berada di Blok C  setelah beberapa kali mengalami renovasi , sejak hari Jumat (1/9) berubah  fungsinya menjadi Masjid dan akan di mulai dengan pelaksanaan sholat Jum’ah siang nanti (dar). 

Penulis : Ahmad Darowi

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.