SMP HANG TUAH 5 SIDOARJO HADIRI TEMU DALANG BOCAH  NUSANTARA 2017
Dalang cilik dari SMP Hang Tuah 5 Sidoarjo saat tampil di ajang Temu Dalang Bocah Nusantara tahun 2017 di Sukoharjo Solo Jawa Tengah

SMP HANG TUAH 5 SIDOARJO HADIRI TEMU DALANG BOCAH NUSANTARA 2017

DITULIS USER

Ahmad Darowi
Pendidikan 04 Oct 2017 WIB

Sidoarjo,(01/10)

                Sebanyak 187 Dalang Cilik dari berbagai daerah di tanah air selama satu minggu sejak 23 September 2017 hingga tanggal 30 September 2017   unjuk kebolehan dalam acara temu dalang bocah Nusantara 2017 di Sanggar Seni Sarotama  Surakarta.

                Penampilan dalang cilik tersebut sebagai bentuk kepedulian  terhadap budaya nasional  bangsa  yang secara bergiliran tampil mulai jam 08.00 hingga dini hari dengan melibatkan 22 dalang cilik setiap harinya dengan lakon sesuai pilihannya masing-masing.

                Temu Dalang Nusantara  kali ini di bagi dalam 3 kelompok, yakni :  Kelompok A : TK - SD kelas I – II,  Kelompok B : SD kelas III – V dan  Kelompok C : SD kelas VI - SMP Kelas VIII. Dengan durasi waktu masing-maing kelompak  A. 20 menit, B. 30 menit dan kelompok C. 40 menit, dalang  bocahpun bebas menampilkan gaya  dan kraesi masing-masing, seperti gaya dalang  Surakarta, Yogyakarta, Banyumas  , Jawa Timur serta gaya dalang daerah lainnya. 

Inilah Tim Dalang Bocah Nusantara  2017 dari SMP Hang Tuah 5 Sidoarjo yang ikut dalam Temu Dalang Bocah Nasional

                SMP Hang Tuah 5 Sidoarjo pada  kesempatan kali ini menampilkan siswa  Isaputra Suyradika Utomo dengan  judul Ontran-Ontran Widarakandang dengan pengrawit dan sinden  gabungan dari SD Hang Tuah 10 dan SMP Hang Tuah 5  Sidoarjo.  Dalam kempatan tersebut juga  berhasil terjual  100 keping VCD  dalang dari sekolah Hang Tuah tersebut.

                Tidak hanya ratusan dalang yang  sebagian besar anak anak sekolah dasar,  seluruh pengiring musik gamelan wayang sendiri juga sebagian besar anak anak Sekolah Dasar dan SMP. Selama 30 menit satu persatu dalang cilik terus memainkan wayang-wayang yang ditancapkan pada media pohon pisang.

                                 Menurut ketua Panitia  Singgih Sri Cundhomanik  “Temu Dalang Bocah Nusantara 2017 “ merupakan ajang silaturahim dalang bocah yang digelar secara rutin tiap 2 tahun sekali semenjak tahun 2005. Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan ini tidak lain adalah memberi wadah bagi dalang-dalang bocah di seluruh nusantara. Di samping ajang untuk menunjukan potensi maupun keterampilan tanpa adanya persaingan atau kompetisi, panitia berharap para dalang bocah bisa tumbuh berkembang sejalan usianya dan terjalin tali persaudaraan semenjak usia dini (dar).

               

 

 

 

Penulis : Ahmad Darowi

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.