Smk Kal-1 Terima Paparan Kesehatan Reproduksi  Remaja
Jeanry Hetharia, Amd. Keb.Gi dari puskesmas Morokrembangan saat memberikan pertanyaan kepada siswa SMK KAL-1

Smk Kal-1 Terima Paparan Kesehatan Reproduksi Remaja

DITULIS USER

Ahmad Darowi
Pendidikan 14 Aug 2018 WIB

Surabaya,(14/8)

Tidak kurang dari 100 siswa – siswi SMK KAL-1 Surabaya, Selasa (14/8) menerima pencerahan Kesehatan Reproduksi Remaja yang di sampaikan langsung oleh Jeanry Hetharia, Amd. Keb.Gi dan Ani Masito, S.KM dari Puskesmas Morokrembangan Surabayadi ruang praktek siswa (RPS).

Paparan yang di sampaikan oleh Puskesmas Krembangan tersebut merupakan hasil kerjasama dengan SMK KAL-1 Surabaya yang selama ini sudah berlangsung, meskipun hasil koordinasi secara mendadak, namun program ini dapat terlaksana denga baik.

Peserta siswa yang hadir merupakan gabungan dari kelas X,XI dan XII dari semua jururan Kompetensi Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Pemesinan (TPM), Teknik Instalasi  Tenaga Listrik ( TITL) dan Teknik Audio Vedio (TAV)

Pemahaman Kesehatan Reproduksi yang di bagi menjadi  tiga bagian antara lain Sehat secara fisik, tidak meninbulkan kehamilan yang tidak di inginkan, tidak tertular penyakit menular, seksual tidak merusk kesehatan itu sendiri maupun orang lain. Sehat secara psikis tidak merasa tertekan atau terpaksa, tidak menghambat kepribadian, tidak menghambat kemampuanuntuk berfungsi secara maksimal. Sehat secara social mampu menyesuaikan dan mempertimbangkan nilai-nilai social di sekitar ( agama, budaya dan lingkungan) yang berkaitan dengan masalah reproduksi

Jeanry menyampaikan kepada siswa secara interaktif sehingga siswa tidak merasa bosan , bahkan mereka cenderung tertawa  karena banyak hal-hal yang menarik khususnya masalah hubungan intim.

Disampaikan juga bahwa penyebab sex bebas adalah merupakan pengaruh  negative media massa, lemahnya keimanan, tidak adanya pendidikan sex yang benar, tepat dan di landasi nilai-nilai agama, lemahnya pengaeasan orang tua, salah dalam memilih teman Seksualitas dan kesehatan reproduksi remaja didefinisikan sebagai keadaan sejahtera fisik dan psikis seorang remaja, termasuk keadaan terbebas dari kehamilan yang tak dikehendaki, aborsi yang tidak aman, penyakit menular seksual (PMS) ter-masuk HIV/AIDS, serta semua bentuk kekerasan dan pemaksaan seksual

Pengaruh informasi global (paparan media audio-visual) yang semakin mudah diakses justru memancing anak dan remaja untuk mengadaptasi kebiasaan-kebiaasaan tidak sehat seperti merokok, minum minuman berakohol, penyalahgunaan obat dan suntikan terlarang.

Kebutuhan dan jenis risiko kesehatan reproduksi yang dihadapi remaja mempunyai ciri yang berbeda dari anak-anak ataupun orang dewasa. Jenis risiko kesehatan reproduksi yang harus dihadapi remaja antara lain adalah kehamilan, aborsi, penyakit menular seksual (PMS), kekerasan seksual, serta masalah keterbatasan akses terhadap informasi dan pelayanan kesehatan

Diakhir paparannya Jeany memberikan beberapa pak vitamin khusus wiswi/ putri yang harus di minum satu minggu sekali guna memjaga kesehatan kewanitaannya,  multi vitamin ini di berikan untuk sejumlah siswi/ putri yang  ada di SMK KAL-1 mulai kelas X,XI dan XII (dar).

Penulis : Ahmad Darowi

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.