SMK KAL-1 LAKSANAKAN UPACARA PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA
Kepala SMK KAL-1 Drs Burhan,M.Pd memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman sekolah, bertindak sebagai pengibar bendera anggota paskibra PASKAL 1

SMK KAL-1 LAKSANAKAN UPACARA PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA

DITULIS USER

Ahmad Darowi
Pendidikan 02 Oct 2017 WIB

Surabaya,(02/19).

Sekolah Menengah Kejuruan  SMK KAL-1 Surabaya Senin,(02/10) melaksanakan upacara  peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman sekolah di ikuti oleh siswa-siswi kelas X,XI dan XII serta seluruh Guru dan  Staf  dengan Inspektur Upacara Kepala SMK KAL-1 Drs Burhan, M.Pd.

Upacara hari Kesaktian Pancasila kali ini disamping untuk mengenang para pahlawan Revolusi, juga untuk menumbuhkan cinta tanah air kepada seluruh siswanya , menghargai para pendiri Republik ini  yang telah berkorban dalam menegakkan negara Kesatuan Republik Indonesia.

  Presiden Joko Widodo dalam pelaksanaan upacara Hari kesaktian Pancasila 1 Oktober di  Kompleks Lubang Buaya, Jakarta Timur, Minggu (1/10/2017) menekankan bahwa peristiwa pembunuhan tujuh jenderal pada 30 September 1965 merupakan peristiwa kelam dalam sejarah Indonesia. Peristiwa itu jangan sampai terulang lagi. "Jangan sampai sejarah kelam, kekejaman PKI, itu terulang lagi," ujar Jokowi , pegang teguh Pancasila. Jaga persatuan serta kesatuan bangsa. "Jangan berikan ruang kepada ideologi lain yang bertentangan dengan Pancasila. "Komitmen kita, komitmen saya, komitmen pemerintah jelas. Karena di TAP MPRS 25/66 jelas bahwa PKI itu dilarang. Saya kira tidak perlu diulang-ulang," ujar Jokowi.

Sebagaimana tradisi  ditahun-tahun sebelumnya upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila selalu di awali dengan  mengheningkan cipta dilanjutkan dengan  Pembacaan Teks Pancasila oleh siswa  M. Rafli , pembacaan Naskah UUD 45 oleh  Siswahyudiarto,  Pembacaan Ikrar oleh Adelia Priyogi. Bertindak selaku Komandan upacara  M. Ramadhon kelas XI TAV.

Pembacaan Ikrar  :

Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya:

bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;

bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya menumbangkan Pancasila sebagai ideologi Negara;

bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia;

 maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nila-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia(dar).

Penulis : Ahmad Darowi

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.