SISWA-SISWI SMK KAL-1 IKUTI CERAMAH PENINGKATAN PEMAHAMAN PEMUDA TENTANG BAHAYA HIV AIDS, KENAKALAN REMAJA, NARKOBA

13 Sep 2017 20:03   Pendidikan
                          SISWA-SISWI SMK KAL-1 IKUTI CERAMAH PENINGKATAN  PEMAHAMAN PEMUDA                                           TENTANG BAHAYA HIV AIDS, KENAKALAN REMAJA, NARKOBA
Siswa SMK KAL-1 Surabaya tampak dengan antusias mengikuti pencerahan Peningkatan Pemahaman Pemuda Tentang Bahaya HIV- AIDS, Kenakalan Remaja dan Narkoba di ruang serbaguna SMA Hang Tuah 1 Surabaya

Surabaya, (13/9)

                 Agar pemuda memahami dan menghindari kenakalan  remaja , mengetahui dan penyalah gunaan narkoba serta akibatnya terhadap diri sendiri, pemuda menetralisasi pada pengguna ketempat terapi baik secara medis maupun sosial, pemuda harus bisa menduduki perderita penyakit HIV AIDS agar tidak mengucilkan di masyarakat dan memberi semangat hidup kepada penderita HIV AIDS, demikian  arahan dari Kepala Bidang Kepemudaan Dinas  Pemuda Dan Olah Raga Kota Surabaya Syamsul Bahri Nusi, SE, M.Si (13/9) pada pencerahan  tentang penyakit HIV AIDS yang di laksanakan di gedung serbaguna SMA Hang Tuah 1 Surabaya.

                Sekolah Menengah Kejuruan SMK KAL-1 Surabaya menghadirkan 20 siswa-siswi dengan datang lebih awal, mengalahkan tuan rumah SMA Hang Tuah 1 yang baru masuk  berikutnya disusul SMK Ikip , SMA Kristen Stellamaris, SMA Islam Kartika, SMA Kemala Bayangkari 2 , SMK Kawung I baru di susul pemuda-pemudi Karang Taruna  Kecamatan Krembangan.

                Pada sesi berikutnya Kepala Dinas  Pemuda Dan Olag Raga Kota Surabaya M. Afgani Wardhana S, SE,.MM mengemukakan bahwa “ Kita harus bisa  merubah cara brfikir kita terkait dengan penyakit Hiv  sehingga harapan saya nanti  bisa memberikan yang terbaik,  dan mengharapkan pertanyaan yang terbaik,  peserta harus jadi motor di lingkunag masing-masing  terkait dengan pemahaman penyakit Hiv . Penyakit Hiv bisa di obati dan bisa dicegah”.

Pengertian Hiv adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus yang dapat menyebabkan AIDS dengan cara menyerang sel darah putih yang bernama sel CD4 sehingga dapat merusak sistem imun manusia yang pada akhirnya tidak dapat bertahan dari gangguan penyakit walaupun yang sangat ringan sekalipun. Virus HIV menyerang sel CD4 dan merubahnya menjadi tempat berkembang biak Virus HIV baru kemudian merusaknya sehingga tidak dapat digunakan lagi. Sel darah putih sangat diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh. Tanpa kekebalan tubuh maka ketika diserang penyakit maka tubuh kita tidak memiliki pelindung. Dampaknya adalah kita dapat meninggal dunia terkena pilek biasa.

 Sedangkan AIDS adalah singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome yang merupakan dampak atau efek dari perkembangbiakan virus HIV dalam tubuh makhluk hidup. Virus HIV membutuhkan waktu untuk menyebabkan sindrom AIDS yang mematikan dan sangat berbahaya. Penyakit AIDS disebabkan oleh melemah atau menghilangnya sistem kekebalan tubuh yang tadinya dimiliki karena sel CD4 pada sel darah putih yang banyak dirusak oleh Virus HIV.

                Pada umumnya Penyakit HIV AIDS di akibatkan dari hubungan seks bebas, Orang yang punya penyakit infeksi jika memiliki luka atau ada cairan dari tubuh yang keluar maka bisa 10 kali menularkan potensi HIV kepada pasangannya lewat hubungan seks. Perilaku gonta ganti pasangan seks tanpa menggunakan kondom juga sangat berisiko.

                .  Kemudian penggunaan bersama jarum suntik yang terkontaminasi virus HIV oleh pemakai narkoba atau perawatan kesehatan, Jarum suntik yang sudah dipakai bisa mengandung cairan dari pemakainya.

Pada setiap akhir penyampaian materi, para  siswa di beri kesempatan untuk melontarkan pertanyaan, mereka sangat antusias  saling ingin yang pertama melakukan pertanyan. Lagi-lagi keberuntungan berada pada siswa SMK KAL-1 yang posisinya duduk terdepan, tentu saja memiliki    kesempatan terlebih . Rega  Gagana kelas XII TKR C  langsung tampil ke depan  untuk berdialog aktif menyampaikan pertanyan.

Sedangkan penyampaian materi dari Kepala BNN kota Surabaya AKBP Suparti di depan sekitar 200 siswa-siswi tingkat SMA/ SMK dan karang taruna se kecamatan Krembangan lebih pada pengertian dan arti dari Narkoba.

                 Pengertian Narkotika secara umum adalah obat-obatan yang mampu membius. Dengan kata lain, narkotika adalah obat-obatan yang mampu menggangu sistem kerja saraf tubuh untuk tidak merasakan sakit atau rangsangan. Narkotika pada awalnya ada tiga yang terbuat dari bahan organik yaitu Candu (Papaper Somniferum), kokain (Erythroxyion coca) dan ganja (Cannabis sativa). Sekarang narkoba jenis narkotika adalah Opium atau Opioid atau Opiat atau Candu, Codein, Methadone (MTD), LSD, PC, mescalin, barbiturat, demerol, petidin, dan lainnya.

Psikotropika adalah salah satu narkoba. Pengertian psikotropika adalah segala narkoba yang tidak mengandung narkotik atau narkoba yang tidak menyebabkan hilang rasa sakit akan tetapi memberikan efek ketagihan dan terganggunya saraf akan tetapi bukan pada bagian rasa sakit.Narkoba jenis ini mampu mengubah mental dan tingkah laku penggunanya.

Demikian juga kepala  testimone pengidap  HIV AIDS  BNN Kota Surabaya di akhir penyampean materi juga di cecar pertanyaan dari siswa SMK KAL-1  Hail Faras kelas XI TITL tidak kalah dengan seniornya saat melakukan pertanyaan (dar).