KEBERSAMAAN  MANAGEMEN SEKOLAH BERSAMA ORANG TUA                                                                            KUNCI KEBERHASILAN PENDIDIKAN
Kepala SMK KAL-1 Drs Burhan, M.Pd di dampingi ke -empat Waka, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Waka Sarpras dan Waka Humas saat menjamu para wali siswa

KEBERSAMAAN MANAGEMEN SEKOLAH BERSAMA ORANG TUA KUNCI KEBERHASILAN PENDIDIKAN

DITULIS USER

Ahmad Darowi
Pendidikan 18 Oct 2017 WIB

Surabaya,(18/10).

                Hebatnya seorang guru dalam memajukan peserta didik tidak menjamin suksesnya pendidikan di sekolah, namun salah satu faktor yang turut dalam menetukan keberhasilan peserta didik, adalah terjalinnya komunikasi  yang baik antara managemen sekolah dengan  wali siswa/ orang tua siswa  .  Untuk itulah SMK KAL-1 Surabaya Rabu,(18/10) menghadirkan seluruh wali siswa kelas X angkatan 2017/2018 bertempat diruang Rapat sekolah  guna membangun komunikasi antara managemen sekolah dengan orang tua siswa  dalam  membantu   memecahkan masalah yang sedang dihadapi siswa   di sekolah.

                Dengan terbangunnya komunikasi  yang baik antara wali siswa dengan managemen sekolah, maka segala hal yang menjadi kendala selama pendidikan berlangsung akan mudah teratasi dengan mempersempit salah pengertian diantara wali siswa dengan pihak sekolahnya.

                 Kepala Sekolah SMK KAL-1 Drs. Burhan ,M.Pd di depan wali siswa  menekankan bahwa pembangunan pendidikan disekolah ini mengutamakan pendidikan  berkarakter yang desiplin ,sopan-santun, bertatakrama yang baik dan menjujung tinggi kejujuran. Salah satu contoh dalam pembinaan  agama Islam di sekolah misalnya ,  setiap hari dilaksanakan sholat  dhuha berjama’ah. Tentu saja bagi siswa yang sudah terbiasa  menjalankan  bersama orang tua dirumah,  hal ini tidak menjadikan beban berat. Namun bagi siswa yang belum terbiasa akan menjadikan  beban. Program ini baru bisa kita laksanakan setelah sekolah memiliki  tempat Ibadah/ Masjid yang bisa menampung kegiatan  keagamaan siswa yang beragama Islam. Bagi yang beragama Nasrani di setiap Jum’at juga dilaksanakan  ibadah / pemberkatan di dalam kelas yang telah di tentukan. 

Wali siswa antusius menghadiri undangan pihak menegemen sekolah guna menjalin komunikasi bersama dalam rangka memecahkan berbagai kendala yang di hadapi siswa.

                Disamping itu juga disampaikan kepada wali siswa bahwa di sekolah ini  melaksanakan beberapa macam kegiatan ekstrakurikuler yang bisa di ikuti oleh seluruh siswa, antara lain ekskul TNI-Polri, Paskibra, Dayung, Futsall,  Karate, Pramuka, Bola Volly, Bahasa Inggris, Basket, Kesenian/ Hadrah dll. Ekskul-ekskul  inilah yang memungkinkan putra-putri wali siswa menjadi pulang terlambat.

                 Lain halnya yang disampaikan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Munawar, S.Pd    dihadapan wali siswa,  Wakakur menyampaikana apa yang menjadi program pemerintah bahwa ujian nasional saat ini  bukan menjadi tolak ukur kelulusan siswa, namun berfungsi sebagai rujukan anak-anak kita bisa tidaknya di terima  di beberapa lembaga atau  instansi. Untuk itulah para wali siswa agar selalu mendorong untuk selalu belajar di rumah.  Dengan hasil nilai Unas yang di atas rata-rata tentu menjadi potensi  besar putra-puri ibu akan semakin lebar kesempatan untuk bisa bekerja di  intansi/ lembaga yang menjanjikan akan masa depannya.

Para wali siswa saat mendengarkan denga hikmad pengarahan Kepala SMK KAL-1 dalam  pertemuan antara managemen sekolah dengan wali siswa yang berlangsung Ruang Rapat Sekolah.

                Pada sesi  berikutnya masalah sarana dan prasarana sekolah di sampaikan oleh Waka Sarpras Sukarno PJ, MMT ,  masalah kesiswaan di sampaikan olek Waka Kesiswaan Drs. Suparman, M.Si sedangkan masalah kehumasan sekolah di sampaikan oleh Waka Humas Agus Kristanto,ST. Sebagai humas sekolah pada kesematan ini membagikan quisioner yang harus di isi oleh orang tua siswa. Dalam quisioner tersebut ada beberapa materi tentang harapan dan  keinginan wali siswa setelah selaesai menempuh dari SMK KAL-1.  Dengan pengisian tersebut di harapkan sekolah akan  melaksanakan atau paling tidak mendekati harapan  dari para wali siswa yang telah memberikan kepercayaan kepada SMK KAL-1 dalam memberi bekal ilmu pengetahuan. Sebagai penutup dilaksanakan pengenalan beberapa Kaprodi dan wali kelas yang secara langsung setiap hari bersentuhan dengan siswa.

                 Karena keterbatasan ruangan yang hanya  mampu menampung kira-kira 75 orang, maka pelaksanaan pertemuan antara managemen sekolah dengan wali siswa kelas X tahun Pelajaran 2017/2018 dilaksanakan selama dua hari dengan dua sesi setiap harinya mengingat jumlah siswa kelas X  275 siswa (dar). 

Penulis : Ahmad Darowi

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.