JAGA KONDISI KESEHATAN PESERTA DIDIK,  SMK KAL-1 LAKSANAKAN SCERNING
dr. Dian Pusparini dari Puskesmas Krembangan Selatan saat melaksanakan pemeriksaan kesehatan kepada peserta didik SMK KAL-1 Surabaya (18/9)

JAGA KONDISI KESEHATAN PESERTA DIDIK, SMK KAL-1 LAKSANAKAN SCERNING

DITULIS USER

Ahmad Darowi
Pendidikan 18 Sep 2017 WIB

Surabaya,(18/9)

            Masalah kesehatan adalah masalah kita semua, selagi  di  sekolah kesiehatan peserta didik merupakan tanggung jawab  sekolah. Untuk itu Senin (18/9) bertempat di Ruang Rapat SMK KAL-1 Surabaya  berlangsung  pemberian materi kesehatan kepada kurang lebih 100 peserta didik kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan ( TKR), Jurusan Teknik  Audio Vedio ( TAV ), Teknik Instalasi Tenaga Listrik ( TITL ), Teknik Pemesinan  ( TPM ) sert a beberapa pengurus Osis dan Paskibra Paskal-1 kelas XI dan XII oleh dr. Dian Pusparini dari Puskesmas Krembangan Selatan  dengan pendamping seorang para Medis.

             Pemberian materi kesehatan kepada peserta didik SMK KAL-1 tersebut  berlangsung singkat, kemudian di lanjutkan screning/ penjaringan  kesehatan kepada seluruh peserta didik yang hadir dalam  kegiatan tersebut. Penjaringan kesehatan peserta didik  SMK KAL-1  di tangani oleh dokter dari Puskesmas Krembangan Selatan merupakan tindak lanjut dari kerja sama  seperti di tahun- tahun sebelumnya. Dimana dokter dari Puskesmas tersebut  melakukan cek kesehatan dini kepada para peserta didik. Tim Medis yang datang melakukan cek satu persatu kondisinya, kemudian memberikan kesimpulan secara global kondisi kesehatan peserta didik. Dokter memberikan penjelasan potensi penyakit apa yang mungkin akan diderita oleh masing-masing peserta didik , sehingga bisa dilakukan pencegahan secara dini.

Penjaringan dilakukan setahun sekali pada awal tahun pelajaran terhadap peserta didik kelas X SMK KAL-1 dilakukan oleh suatu Tim Penjaringan Kesehatan dibawah koordinasi dokter Puskesmas. Penjaringan kesehatan merupakan serangkaian kegiatan yang meliputi pengisian kuesioner oleh peserta didik, pemeriksaan fisik dan penunjang oleh tenaga kesehatan/ para medis. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memenuhi persyaratan standar minimal pelayanan bidang kesehatan dan program UKS. Idealnya rangkaian tersebut seharusnya dilaksanakan seluruhnya, namun dalam pelaksanaannya dapat disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi  sekolah setempat.

Pengisian kuesioner oleh peserta didik digunakan untuk mengetahui riwayat kesehatan secara umum, informasi kesehatan keluarga, riwayat imunisasi, gaya hidup, kesehatan intelegensia, kesehatan mental remaja, kesehatan reproduksi dan bahan edukasi kelas konseling. Riwayat kesehatan secara umum diperiksa melalui pengisian delapan pertanyaan meliputi masalah kesehatan secara umum, alergi terhadap makanan tertentu, alergi terhadap obat tertentu, obat obatan yang sedang dimunim saat ini, riwayat dirawat di rumah sakit, riwayat cedera serius akibat kecelakaan, riwayat pingsan/tidak sadarkan diri dalam satu tahun terakhir dan riwayat penyakit tertentu yang pernah dialami. Riwayat penyakit tertentu yang dimaksud adalah anemia/kurang darah, asma, batuk lama dan berulang, campak, diabetes mellitus, hepatitis, penyakit jantung, kejang, TBC paru, sakit perut berulang dan sakit kepala berulang.

Secara umum, tidak ditemukan masalah kesehatan yang serius pada semua peserta didik. Hanya ada beberapa masalah kecil, misalnya tidak memakai kacamata padahal menderita mata minus, kurang menjaga kebersihan tangan dan mulut , terdapat panu, gigi berlubang , telinga kotor karena tidak pernah di bersihkan dll. Setidaknya dengan kegiatan ini siswa menjadi lebih perhatian terhadap kesehatan diri sendiri dan tahu punya potensi penyakit yang berbahaya atau tidak. Selama pemeriksaan  berlangsung Kepala  SMK KAL-1 Drs Burhan, M.Pd menyempatkan diri melihat dari dekat proses pemeriksaan peserta didiknya di dampingi oleh Pjs. Waka Kesiswaan  I Ketut Pastika, S.Pd, MM.

Dari  hasil penjaringan dokter dari Puskesmas Krembangan Selatan menemukan bahwa ada beberapa siswa yang harus mendapat perawatan  kesehatan di puskesmas karena ada indikasi penyakit ringan yang harus  segera di tangani sebelum mebahayakan diri  (dar).

Penulis : Ahmad Darowi

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.