DEFILLE PASUKAN SMK KAL-1 SURABAYA  RAMAIKAN  HUT TNI AL KE-72
Kepala Staf Komando Armada RI Kawasan Timur Laksamana Pertama TNI Robert W. Tappangan, S.H saat melaksanakan Inspeksi pasukan di depan siswa SMK KAL -1

DEFILLE PASUKAN SMK KAL-1 SURABAYA RAMAIKAN HUT TNI AL KE-72

DITULIS USER

Ahmad Darowi
Pendidikan 11 Sep 2017 WIB

Surabaya,(11/9)

 

                Dermaga Madura Ujung Surabaya menjadi saksi akan tampilnya pasukan SMK KAL-1 Surabaya pada Upacara Parade dan Defille dalam  rangka  peringatan Hari Ulang Tahun TNI AL ke-72 tahun 2017 yang berlangsung Senin,(11/9) dengan Inspektur Upacara Kepala Staf Komando Armada RI Kawasan Timur Laksamana Pertama TNI Robert  W. Tappangan, S.H.

                Upacara HUT TNI AL di Koaramatim  di ikuti oleh seluruh Satker di Jajaran Koarmatim baik Militer maupun Sipil di tambah 2 pasukan siswa dari SMA Hang Tuah 1 dan SMK KAL-1 Surabaya, pelaksanaan upacara di awali oleh laporan komandan upacara dan di teruskan pemeriksaan pasukan upacara. Pada sesi berikutnya dilaksanakan pembacaan Sapta Marga oleh  dua perwira remaja dan di lanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan kepada perwakilan Perwira dan PNS yang telah memasuki purna tugas.

 Amanat Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P pada peringatan  HUT TNI AL ke-72 yang di bacakan oleh KS Armatim  menekankan bahwa, “ upacara HUT TNI AL memiliki tiga makna antara lain , Keimanan dan ketaqwaan  sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala petunjuk, tuntunan dan perlindungannya, selama 72 tahun masa pengabdian TNI AL.  Historis , sebagai upaya pelestarian momentum awal kelahiran perjuangan TNI AL dalam mengisi kemerdekaan serta menegakkan integritas, kedaulatan bangsa dan negara. Dan  Evaluativ, sebagai momentum intropeksi dan  evaluasi diri tentang kekurangan dan kelebihan  pelaksanaan tugas di masa lalu, guna pemantapan penyempurnaandi masa mendatang”.

Tema dalam peringatan HUT TNI AL  kali ini “ Bersama rakyat, TNI Angkatan Laut siap mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian”. Implementasi  nyata dari tema tersebut , TNI AL melaksanakan berbagai kegiatan yang melibatkan  kontribusi dan partisipasi rakyat.  Seperti  olah raga perairan, baksos kesehatan berupa donor darah dan pengobatan masal, bersih-bersih pantai dan lomba-lomba yang disuaikan dengan ke arifan lokal di masing-masing kotama / satker seta lebih mendekatkan TNI AL dengan rakyat. 

 

Mengakhiri kegiatan Upacara , sebelum dilaksanakan defille  di suguhkan pertunjukan sosiodrama pertarungan kerajaan Mongol dengan kerajaan Majapahit oleh siswa SMA Hang Tuah 1. Diakhir lomba defille  penampilan pasukan siswa SMK KAL-1 Surabaya yang secara mengejutkan mampu bersaing dengan pasukan defille  dari Satuan-Satuan Kerja Koaramatim yang terdiri dari Militer dan Sipil. SMK KAL-1 yang di wakili oleh siswa-siswa yang tergabung dalam ekstra Paskibra Paskal 1 tampil lugas namun mampu mencuri perhatian undangan yang  hadir menyaksikannya jalannya peringatan HUT TNI AL ke-72 di Koarmatim (dar).

 

Penulis : Ahmad Darowi

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.