100 SISWA SMK KAL 1 SURABAYA  IKUTI UPACARA  HARI  SUMPAH PEMUDA KE-89 TAHUN  2017
.Gubernur Jawa Timur Pakde Karwo di dampingi Istri dan Wagub Gus Ipul beserta istri saat menyerahkan piagam penghargaan kepada atlit Jawa Timur peraih medali emas di ajang Asean Games X Tahun 2017 cabang olah raga bulutangkis.

100 SISWA SMK KAL 1 SURABAYA IKUTI UPACARA HARI SUMPAH PEMUDA KE-89 TAHUN 2017

DITULIS USER

Ahmad Darowi
Pendidikan 27 Oct 2017 WIB

Surabaya,(27/10).

                Kepala SMK KAL -1 Surabaya Drs. Burhan ,M.Pd  melepas    keberangkatan seratus  siswa-siswinya Jum’at,(27/10) mengikuti Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89  tahun 2017 yang berlangsung di  halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya. Sebelum keberangkatan orang nomor wakhid di SMK KAL-1 menyempatkan diri memberi pengarahan serta memeriksa kelengkapan seragam sekolah yang di gunakan  seluruh siswa yang terlibat, apakah sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku atau belum.

 Gubernur Jawa Timur Soekarwo memimpin Upacara Sumpah Pemuda ke-89 di Gedung Negara Grahadi Jalan Gubernur Suryo Surabaya hari ini  maju sehari dari tanggal seharusnya,  28 Oktober.Alasan dimajukannya upacara itu sudah sesuai dengan Surat Edaran MENPORA RI Nomor 10.13.1/MENPORA/X/2017 perihal petunjuk pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 tahun 2017 tanggal 28 Oktober 2017.Dalam poin pertama surat edaran tersebut,  diperbolehkan melaksanakan upacara bendera di instansi masing-masing pada hari Sabtu, tanggal 28 Oktober 2017 atau hari kerja sebelum atau sesudahnya.

Kepala SMK KAL-1 saat memeriksa kelengkapan seragan sekolah siswanya di halaman sekolah sebelum pemberangkatan mengikuti Upacara  peringatan Hari Sumpah Pemuda di Grahadi Surabaya

Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi dalam amanat yang di bacakan Gubernur Jawa Timur  mengutip pernyataan  Presiden Republik Indonesia yang  pertama, Bung Karno :  “Jangan mewarisi abu sumpah pemuda, tapi warisilah api sumpah pemuda. Kalau sekedar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah bersatu bahasa, satu  bangsa, dan satu tanah air. Tapi ini bukan tujuan akhir,”

.            Pesan yang disampaikan oleh Bung Karno in sangat mendalam khususnya bagi generasi muda Indonesia. Api sumpah Pemuda harus kira ambil dan terus kita nyalakan. Kita harus berani melawan  segala bentuk upaya yang ingin  memecah belah  persatuan  dan kesatuan bangsa. Kita juga harus berani  melawan ego kesukuan, keagamaan dan kedaerahan kita .

Pasukan Upacara dari SMK KAL-1 Surabaya dengan seragam Pramuka saat mengikuti upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 di halaman Gedung Negara Grahadi.

Dalam pelaksanaan upacara melibatkan organisasi kepemudaan, pramuka, satuan pendidikan baik umum maupun keagamaan dan unsur kepemudaan lain antara lain kadet Taruna AAL, Resimen Mahasiswa Mahasurya Jatim, Poltekbang Surabaya, Gerakan Pramuka Gudep Pangkalan  SMK KAL-1,  DPD HIMA Kosgoro Jatim, SMA 1 Hang Tuah Surabaya, SMK KAL 2 Surabaya, PMR SMA IPIEM Surabaya, Pemuda Panca Marga Jatim, dan 3 Pleton Gabungan PTN/PTS se-Surabaya.

Pada kesempatan sama juga diberikan penghargaan kepada para bupati/wali kota dan para pemuda-pemudi berprestasi asal Jatim baik tingkat Propinsi,  nasional maupun internasional, dan sejumlah penghargaan lainnya dari Gubernur Jatim(dar).

Penulis : Ahmad Darowi

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.