Tularkan Virus Kreatif, Penulis Skenario Endik Koeswoyo Ajak Anak Muda Nulis Cerita FTV

07 Feb 2018 20:35   Feature
Tularkan Virus Kreatif, Penulis Skenario Endik Koeswoyo Ajak Anak Muda Nulis Cerita FTV
Endik Koeswoyo / Sumber: Instagram @endikkoeswoyo

"Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang dapat diamalkan."

Kutipan tersebut mungkin dapat menggambarkan sosok Endik Koeswoyo, seorang penulis Novel dan Skenario asal Wonosalam, Jombang, Jawa Timur.  Penulis yang belajar dari nol, pada waktu kuliah di Yogyakarta dengan hanya menulis pada lembaran kertas fotocopy karena belum mengenal kemudahan Blog, dan Android seperti Jaman Now ini, begitu menghargai proses dan waktu dalam belajar.

Maka dari itu, daripada ngetwit dan update status galau di media sosial. Penulis serial 7 Manusia Harimau di RCTI ini mengajak para pemuda untuk lebih kreatif. Dengan memanfaatkan kegalauan menjadi ide cerita yang menarik untuk sebuah cerita film televisi (FTV).

"Mending nulis cerita, FTV daripada dibuat galau di sosial media," ujar Endik Koeswoyo beberapa waktu lalu.

Dengan mengasuh komunitas Jaringan Penulis Indonesia (JPI), Endik mengajak para pemuda untuk belajar sambil menabung. "Setiap hari Sabtu, ide cerita Anggota JPI dikumpulkan, yang oke akan dikirim ke PH (Rumah Produksi)," imbuh Pria lulusan Sarjana Ilmu Politik Universitas Bung Karno tersebut.

Endik mengatakan, jika ide cerita tidak diterima oleh pihak Televisi. Maka ide cerita tersebut menjadi tabungan milik penulis tersebut. Karena suatu saat nanti, cerita tersebut pasti akan berguna di kemudian hari.

Dan yang menarik Pria yang suka memakai Blangkon ini, dalam mengajarkan baik menulis skenario atau tentang kepenulisan lainnya, tidak menarik biaya sepeserpun.

"Saya tidak menarik biaya untuk mengajari nulis, bahkan mereka yang nulis bisa dibayar jika ide cerita atau sinopsis tersebut di acc PH," tandas Endik. (DIT)