Perawatan Ganti Ban Demi Keamanan dan Kenyamanan Di Jalan
TIRE CHANGER : Presisi dan menghindari lecet pada velg dan Ban

Perawatan Ganti Ban Demi Keamanan dan Kenyamanan Di Jalan

DITULIS USER

Ade Yuda Setiawan
Teknologi dan Inovasi 29 Aug 2017 WIB

Madiun - “Did You Know ? Charles Goodyear adalah Orang yang tercatat sebagai penemu pertama ban karet. Pria berkebangsaan Amerika Serikat ini menemukan cara vulkanisasi karet pada tahun 1839. Kemudian Pria kelahiran New Haven,29 Desember 1800 ini mempatenkan penemuannya itu pada tahun 1844.

Bahkan hingga tahun 2017 ini banyak sekali brand pada Ban karet itu sendiri. Terlepas dari merk apapun tire tersebut, Kita ketahui bahwa ban merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan. Khususnya Sepeda Motor, Salah satu part tersebut memiliki fungsi untuk meneruskan daya mesin dan menggerakkan sepeda motor dengan stabil. Terlebih lagi, Ban juga menjadi faktor keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Tidak Jarang, Pengguna Sepeda Motor melupakan kondisi kaki-kaki kendaraan mereka. Kondisi kurang angin bahkan Keausan  berlebih pada Ban sering tidak disadari. Kedua hal tersebut bahkan menjadi korelasi sebab akibat. Ban yang kurang tekanan akan mengganggu stabilitas dalam berkendara. Bahkan mampu mempercepat keausan dari kondisi Ban. Apabila Terjadi Worn Out (aus) berlebih, maka daya cengkram ban ke aspal akan berkurang. Akibatnya pengendara motor mudah slip hingga tergelincir.

Nah.. Loh.., Tentunya kita semua menginkan kenyamanan dan keselamatan ketika berkendara di Jalan. Oleh karena itu apabila Ban Motor sudah mencapai tingkat keausan tertentu maka segera lakukan penggantian. Pada umumnya usia Ban Sepeda Motor adalah 24000Km (dua Tahun, mana yang tercapai dahulu dan disesuaikan dengan kondisi). Mengganti Ban itu tidak asal bongkar pasang.

"Saat memasang ban ada hal yang harus diperhatikan. Yaitu saat pemasangan rim line (garis) pada ban harus sejajar dengan velg.  Bila permukaan yang masuk tidak rata, maka pergerakan ban saat digunakan akan tidak imbang dan membuat kondisi kaki-kaki terasa oleng," tutur Taufiq Hadi, salah satu Chief Workshop AHASS Bengkel resmi motor Honda di Madiun. “Selain itu, Kita harus melihat marking arah rotasi ban. Jika rotasi terbalik, ban akan cepat aus dan saat dikendarai menjadi kurang nyaman,” tambah Adip Wahyudi salah satu Service Advisor AHASS Bengkel resmi motor Honda di Madiun.

Untuk memastikan poin kenyamanan dan keamanan dalam berkendara setelah penggantian ban motor, AHASS memiliki solusinya. AHASS sebagai bengkel resmi sepeda motor Honda selalu memberikan pelayanan terbaik. Konsumen tidak perlu takut velg motor nya menjadi lecet atau rusak, kontur ban tidak akan mengalami perubahan bahkan pemasangan ban yang tidak presisi. Pasalnya, sudah banyak beberapa AHASS di Karesidenan Madiun yang memiliki Tire Changer Tools (Alat penggantian Ban, Red). Ditambah dengan mekanik yang Ahli sudah dipastikan rotasi ban tidak akan terbalik dan waktu penggantian juga menjadi lebih cepat.

Ragu dengan Kondisi Ban kendaraan yang digunakan saat ini ? Bergegaslah Menuju AHASS bengkel resmi sepeda motor Honda kesayangan Anda. (dey).

Penulis : Ade Yuda Setiawan

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.